Umat Muslim melaksanakan ibadah Haji di Makkah, Arab Saudi. Foto: AFP
Umat Muslim melaksanakan ibadah Haji di Makkah, Arab Saudi. Foto: AFP

Arab Saudi Ajak Qatar Kerja Sama Urus Haji

Haji Haji 2019
Marcheilla Ariesta • 19 Juli 2019 14:22
Jeddah: Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyerukan kepada para pejabat Qatar untuk bekerja sama. Langkah ini dilakukan untuk memungkinkan para jemaah Qatar melakukan ritual haji.
 
Saudi Press Agency melaporkan, aplikasi situs daring baru telah diluncurkan untuk Qatar. Sebenarnya dulu sudah ada situs serupa, namun diblokir oleh Doha.
 
"Kementerian meminta otoritas Qatar untuk tidak memblokir situs web ini," kata Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi dalam pernyataan mereka, Jumat, 19 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Qatar kembali mencoba menghalangi warganya untuk melakukan ritual haji tahun ini. Langkah ini diambil usai Arab Saudi mendesak pihak berwenang Qatar memfasilitasi prosedur dan menghilangkan hambatan bagi warganya berhaji.
 
Sebenarnya langkah ini sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Penyebabnya adalah seteru antara Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Qatar pada 2016 lalu.
 
Langkah ini membuat banyak jemaah haji Qatar ditangkap dan diinterogasi setelah kepulangan mereka dari Tanah Suci.
 
Arab Saudi sebelumnya mengeluarkan pernyataan resmi yang menyerukan kepada Kementerian Awqaf dan Urusan Islam Qatar untuk mengizinkan para peziarah melakukan perjalanan ke Kerajaan, serta melakukan ritual haji mereka melalui semua maskapai internasional, kecuali Qatar Airways.
 
Arab Saudi juga mendesak pihak berwenang Qatar untuk menjauhkan jemaah dari masalah politik. Bahkan Kementerian Haji dan Umrah Saudi mengumumkan telah mengundang pejabat haji dari Qatar dan negara-negara lain untuk datang ke Kerajaan dan mengatur kedatangan jemaah haji mereka.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif