Ilustrasi calon haji DIY berpamitan di Kantor Gubernur Kepatihan, Jumat, 12 Juli 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka.
Ilustrasi calon haji DIY berpamitan di Kantor Gubernur Kepatihan, Jumat, 12 Juli 2019. Medcom.id/ Patricia Vicka.

Pondok Calon Haji DIY Hanya 1 KM dari Masjidil Haram

Haji Haji 2019
Patricia Vicka • 12 Juli 2019 16:52
Yogyakarta: Jemaah Calon Haji wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) didominasi oleh lansia. Selama menuaikan ibadah haji, mereka akan menginap di daerah Jarwal yang hanya berjarak 1 kilometer dari Masjidil Haram.
 
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag DIY Sigit Warsita mengatakan tahun ini seluruh calon haji embarkasih Solo ditempatkan satu zonasi di wilayah Jarwal.
 
"Karena banyak yang lansia, pemondokan dekat dengan Masjidil. Supaya lebih mudah menjangkau kesana," kata Sigit di Yogyakarta, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sigit menjelaskan panitia penyelenggara haji juga menyiapkan transportasi untuk jemaah selama berada di tanah suci. Sehingga para jemaah tidak perlu berjalan kaki saat hendak beribadah.
 
Menurut Sigit panitia juga turut menyiapkan makanan khas daerah tiga kali seminggu. Menu khas daerah disesuaikan dengan daerah asal para calhaj.
 
"Kami sediakan makanan khas daerah supaya mereka mudah makan. Supaya tidak kangen kampung halaman juga," jelas Sigit.
 
Kemenag DIY mengimbau kepada seluruh jemaah calon haji untuk fokus beribadah dan mengurangi kegiatan yang tidak berhubungan dengan ibadah haji. Para jemaah juga diminta untuk banyak minum air, makan buah-buahan, dan memperbanyak istirahat.
 
Kloter pertama jemaah calon haji Daerah Istimewa Yogyakarta mulai berangkat ke tanah suci pada Jumat, 12 Juli 2019. Seluruh calhaj wilayah DIY berjumlah 3.548 orang. Mereka terbagi dalam 13 kelompok terbang (kloter) mulai dari kloter 21 SOC hingga 29 SOC dan kloter tambahan 96 SOC dan 97 SOC.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif