Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp
Tangkapan layar informasi yang beredar di WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Seorang Reporter Terbunuh setelah Ungkap Limbah Minyak Goreng? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 24 Januari 2022 07:36
Beredar sebuah narasi bahwa seorang reporter bernama Mursal terbunuh usai mengungkap limbah minyak goreng. Narasi ini beredar di WhatsApp, baru-baru ini.
 
Berikut narasinya:
 
"Innalillahi wa inna illaihi raji’un

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Sdr.Mursal (reporter)meninggal terbunuh setelah Memaparkan Limbah Minyak Goreng, ditubuhnya terdapat lebih dari 10 tusukan pisau, kematiannya tragis. Untuk seluruh negeri dia telah berupaya memberikan kontribusi kepada lebih dari satu miliar orang dalam upaya keamanan pangan.
Untuk kesehatan kita, dia membayar hidupnya yang masih muda.
Yang kita bisa lakukan untuknya adalah Forwarding, mengungkapkan rasa terima kasih. "Ambil minyak goreng dirumah dan masukan ke dalam kulkas selama 2 jam, jika ada busa putih, itu artinya Minyak Goreng Limbah".
Silakan ungkapkan cinta Anda dan meneruskan informasi ini ke teman dan kerabat.."

 

[Cek Fakta] Seorang Reporter Terbunuh setelah Ungkap Limbah Minyak Goreng? Ini Faktanya
 

Benarkah demikian?
 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa seorang reporter bernama Mursal terbunuh usai mengungkap limbah minyak goreng, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid bahwa benar Mursal terbunuh.
 
Di sisi lain, narasi identik juga sudah beredar setidaknya pada 2018 lalu. Situs pemeriksa fakta Turnbackhoax.id menegaskan peristiwa senada terjadi di Tiongkok.
 
Wartawan Tiongkok itu bernama Li Xiang. Ia terbunuh saat menyelidiki skandal minyak goreng.


"Peristiwa terjadi di Cina, bukan Indonesia. Nama korban: Li Xiang, bukan Mursal. Salah satu situs yang memberitakan > https://goo.gl/Q7ZANb, “Wartawan China yang menyelidiki skandal minyak goreng terbunuh” (Google Translate) | “Chinese journalist who probed cooking oil scandal is killed” (bahasa asli, English).," tulis Turnbackhoax.id dalam laporannya, 20 Februari 2018.


[Cek Fakta] Seorang Reporter Terbunuh setelah Ungkap Limbah Minyak Goreng? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa seorang reporter bernama Mursal terbunuh usai mengungkap limbah minyak goreng, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid bahwa benar Mursal terbunuh.
 

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2018/02/20/disinformasi-mursal-reporter-meninggal-terbunuh-setelah-memaparkan-limbah-minyak-goreng/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif