Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Ustaz Dibegal di Lampung? Begini Faktanya

Medcom Files begal Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 27 Oktober 2021 11:02
Beredar video yang diklaim memperlihatkan seorang ustaz dicegat kelompok begal. Video ini beredar di YouTube.
 
Kanal TONproject membagikan video itu pada 14 Oktober 2021. Disebutkan kejadian dalam video berdurasi 12 menit 52 itu di terjadi Lampung Timur. Video tersebut disebut telah meresahkan warga setempat.

"Dalam perjalanan pa ustad dihadang sekelompok begal || #begal #premanpalak #tonproject"
 
Narasi pada kolom deskripsi:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
"Minta do'anya buat para sakreber sokbeker semoga ustadz nasihin slalu dalam lindungan ALLAH SWT Amiiien... Salam sambung silaturahmi"


 
Benarkah video yang beredar tersebut memperlihatkan seorang ustaz di lampung dibegal? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Ustaz Dibegal di Lampung? Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim adanya video memperlihatkan seorang ustaz dihadang kelompok begal adalah salah. Faktanya, video tersebut hanya adegan pembuatan konten untuk mencari keuntungan.
 
Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengklarifikasi video seorang ustaz menjadi korban begal adalah tidak benar. Kepada polisi, Nasihin mengakui video tersebut hanya rekayasa untuk konten YouTube.

"Klarifikasi yang dilakukan, yang bersangkutan menyatakan bahwa video tersebut adalah tidak benar adanya di mana yang bersangkutan menjadi korban begal," kata Pandra seperti dilansir Detik, Senin 25 Oktober 2021.


Nasihin mengaku membuat video tersebut hanya sebagai edukasi dan hiburan. Dia juga telah meminta maaf kepada seluruh warga Lampung yang dihebohkan dengan video tersebut.
 
Nasihin dimintai keterangan bersama tiga orang lainnya yakni kamerawan, dan dua orang yang berperan sebagai pelaku begal. Nasihin juga menyampaikan klarifikasinya tersebut bersama Kombes Pandra dan Dirkrimum Polda Lampung AKBP Reynold Hutagalung usai pemeriksaan.
 

Kesimpulan:
klaim adanya video memperlihatkan seorang ustaz dihadang kelompok begal adalah salah. Faktanya, video tersebut hanya adegan pembuatan konten untuk mencari keuntungan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Ustaz Dibegal di Lampung? Begini Faktanya
 

Referensi:
-https://news.detik.com/berita/d-5782512/video-dibegal-adu-silat-rekayasa-bikin-heboh-ustaz-di-
-https://lampung.inews.id/berita/terungkap-video-ustaz-dibegal-di-lampung-tak-benar-hanya-untuk-konten
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif