Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Ali Mochtar Ngabalin Dikeluarkan dari Istana? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 14 Januari 2021 15:04
Beredar sebuah narasi Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin telah dikeluarkan dari Istana Kepresidenan. Informasi ini beredar di media sosial facebook.
 
Akun facebook atas nama Roni Anggun membagikan informasi ini pada 12 Januari 2020. Berikut narasi yang diberikan.

"Ngabalin Resmi Di Keluarkan Dari Group Istana,, Malu Gak Tu,, Happy Ending Jilatnya Hanya Berakhir Pembuangan, DI duga Sesama nya Saling Tuduh Menuduh,, Gak Taunya Yang Di Tuduh,,Lebih Hebat Ngejilatnya,kira2 media TV ngeluarin berita gak yaa"


Unggahann ini direspon 51 warganet. Serta 37 komentar dan tujuh kali dibagikan ulang.
 
[Cek Fakta] Ali Mochtar Ngabalin Dikeluarkan dari Istana? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin telah dikeluarkan dari Istana Kepresidenan adalah salah. Faktanya, tidak ada informai valid dari media arus utama Ngabalin tidak lagi berada di lingkaran Istana. Adapun foto dalam unggahan itu mencatut foto saat pertama kali Ali Mochtar Ngabalin diundang ke Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo saat diangkat menjadi Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan.
 
Foto itu pernah dimuat dalam artikel berjudul "Cerita dari Sudut Istana : Ini Sebabnya Kubu Jokowi Rekrut Ali Mochtar Ngabalin". Artikel diunggah situs kabar24.bisnis.com pada 12 Desember 2019.
 
[Cek Fakta] Ali Mochtar Ngabalin Dikeluarkan dari Istana? Ini Faktanya
 
Adapun Ali Mochtar Ngabalin sendiri selama ini vokal bersuara mewakili atas nama pemerintah atau istana. Namun, belakangan seperti dilansir dari detik.com, Pejabat di lingkaran Istana Kepresidenan bisa mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam memberikan pernyataan. Namun tidak semua pejabat bisa mewakili Istana.
 
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan pejabat yang bisa mengatasnamakan Istana, antara lain dirinya sendiri, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung. Ketiganya memang merupakan pejabat tinggi yang langsung dilantik oleh Jokowi.
 
"Kita sepakati dulu bahwa kalau mengatasnamakan Istana itu representasinya kalau di staf presiden, satu Mensesneg, kedua Menseskab, lalu KSP. Jadi kalau tenaga ahli KSP berbicara atas nama Kantor KSP, bukan atas nama Istana," ujar Moeldoko, 11 November 2020.
 
Moeldoko tidak menyebut apakah staf khusus presiden ataupun jubir presiden juga dapat mewakili Istana. Jabatan tersebut juga secara struktural tidak berada dalam wewenang Moeldoko.
 
"Sebenarnya staf khusus ada di bawah koordinatornya, saya nggak etis mengomentari itu. Saran saya supaya ditanyakan ke Pak Ari Dwipayana," ujar Moeldoko.
 
Moeldoko menambahkan, keterangan atau pernyataan yang disampaikan deputi ataupun tenaga ahli di Kantor Staf Presiden (KSP) hanya sebatas mewakili lembaga tersebut. Tidak bisa pernyataan KSP, kecuali dirinya, mewakili Istana.
 
[Cek Fakta] Ali Mochtar Ngabalin Dikeluarkan dari Istana? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin telah dikeluarkan dari Istana Kepresidenan adalah salah. Faktanya, tidak ada informai valid dari media arus utama Ngabalin tidak lagi berada di lingkaran Istana.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Ali Mochtar Ngabalin Dikeluarkan dari Istana? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://news.detik.com/berita/d-5252533/moeldoko-sebut-3-pihak-yang-bisa-wakili-istana-jubir-presiden-tak-termasuk
2.https://kabar24.bisnis.com/read/20191212/79/1180715/cerita-dari-sudut-istana-ini-sebabnya-kubu-jokowi-rekrut-ali-mochtar-ngabalin
3.https://archive.fo/7i5U0
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif