Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook
Tangkapan layar berita palsu. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Prabowo Bakal Kena Reshuffle Kabinet? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 30 Juni 2020 15:42
Beredar sebuah tangakapan layar tautan berita yang berjudul Prabowo Subianto Bakal Kena Reshuffle?. Tautan artikel berita ini bereder di media sosial.
 
Akun Facebook bernama Rendra Hadikurniawan mengunggah tautan artikel berita ini pada Selasa, 30 Juni 2020. Dalam unggahannya, ia turut memberikan narasi.
 
"Saya hanya bisa share doang Dan tak mampu membayangkan betapa Kejamnya mereka,,
Sabar ya...????"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Prabowo Bakal Kena <i>Reshuffle</i> Kabinet? Ini Faktanya

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran kami, klaim bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bakal kena reshuffle(peromabakn) kabinet adalah salah. Faktanya, reshuffle kabinet masih sebatas ancaman dari Presiden Joko Widodo, belum ada informasi resmi nama-nama menteri yang bakal dirombak posisinya.
 
Artikel judul serupa dimuat di situs Gelora.co. Ada ketidaksesuaian antara judul dengan substansi berita tersebut. Di dalam berita tersebut, justru Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin mengatakan posisi Prabowo Subianto diprediksi aman dari reshuffle kabinet.
 
Pasalnya, kata dia posisi Prabowo di kabinet bagian dari upaya rekonsiliasi politik pascapilpres 2019 lalu.
 
Ancaman reshuffle kabinet pertama kali diutarakan Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet. Dilansir dari Medcom.id, Presiden Joko Widodo memerintahkan kementerian dan lembaga bekerja serius di tengah pandemi covid-19 (korona). Jokowi tak segan merombak kabinet bila tidak ada progres yang baik terkait penanganan covid-19 ke depan.
 
"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle (kabinet). Sudah kepikiran ke mana-mana saya," tegas Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 18 Juni 2020.
 
Video kemarahan Jokowi itu baru dirilis akun Youtube resmi Sekretariat Presiden Minggu, 28 Juni 2020. Kepala Negara geram melihat kinerja jajaran kabinet Indonesia Maju tidak menganggap serius krisis akibat pandemi covid-19.
 
Jokowi menegaskan hal tersebut dapat mengancam keselamatan 267 juta penduduk Indonesia. "Lah kalau saya lihat bapak, ibu, dan saudara-saudara masih melihat ini sebagai (kondisi) normal, berbahaya sekali," tegas dia.
 
Dia memerintahkan semua menteri dan kepala lembaga menyamakan persepsi. Jokowi menegaskan diperlukan kerja yang luar biasa dalam menangani pandemi covid-19.
 
"Kerja keras, dalam suasana seperti ini sangat diperlukan. Kecepatan dalam suasana seperti ini sangat diperlukan. Tindakan-tindakan di luar standar saat ini sangat diperlukan dan manajemen krisis," tutur dia.
 

[Cek Fakta] Prabowo Bakal Kena <i>Reshuffle</i> Kabinet? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bakal kena reshuffle kabinet adalah salah. Faktanya, reshuffle kabinet sebatas ancaman dari Presiden Joko Widodo, belum ada informasi resmi nama-nama menteri yang bakal dirombak posisinya.
 
Informasi ini jenis hoaks False connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita. Konten jenis ini biasanya diunggah demi memperoleh keuntungan berupa profit atau publikasi berlebih dari konten sensasional.
 

Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/politik/aNraOzWK-jokowi-ancam-reshuffle-menteri-tak-serius-urus-covid-19
2.https://archive.md/hKKmp

 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id
 

(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif