Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Amien Rais Sebut Jokowi Sosok Terbaik Selamanya Buat Indonesia? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 21 Juni 2020 10:17
Beredar narasi bahwa mantan Ketua MPR Amien Rais menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan sosok terbaik saat ini dan selamanya buat Republik Indonesia (RI). Narasi ini beredar di media sosial.
 
Adalah akun facebook Afrizal yang mengunggah sebuah tangkapan layar berisi narasi tersebut. Berikut narasi lengkapnya:
 
"Amien Rais: Kalau
Jokowi Sampai Diturunkan Akan Lebih
Parah.Karena Dia Adalah
Yang Terbaik Saat Ini,Dan
Selamanya Buat RI."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Amien Rais Sebut Jokowi Sosok Terbaik Selamanya Buat Indonesia? Ini Faktanya

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Amien Rais menyebut Presiden Jokowi merupakan sosok terbaik saat ini dan selamanya buat Republik Indonesia (RI), adalah salah. Faktanya, tangkapan layar itu merupakan editan.
 
Kami menelusuri tangkapan layar itu berasal dari artikel Suara.com yang dimuat pada Jumat 22 Mei 2020. Artikel itu berjudul "Amien Rais: Kalau Jokowi Sampai Diturunkan Akan Lebih Parah".
 
Di dalam artikel itu, kami tidak menemukan pernyataan bahwa Amien menyebut Presiden Jokowi merupakan sosok terbaik saat ini dan selamanya buat Republik Indonesia (RI). Namun muncul penilaian Amien bahwa tidak baik jika Jokowi sengaja diturunkan di tengah jalan.
 
"Menurut saya, kalau Pak Jokowi sampai diturunkan itu akan jauh lebih parah. Lebih baik sudahlah. Ya sudah kita tunggu jika Allah menghendaki lain kita tidak akan pernah tahu," kata Amien seperti dilansir Suara.com, Jumat 22 Mei 2020.
 

[Cek Fakta] Amien Rais Sebut Jokowi Sosok Terbaik Selamanya Buat Indonesia? Ini Faktanya
 

Berikut artikel selengkapnya:
 
Amien Rais: Kalau Jokowi Sampai Diturunkan Akan Lebih Parah
 
Suara.com - Politikus senior Amien Rais menilai sebuah langkah tak elok apabila rakyat mendesak Presiden Jokowi mundur di tengah masa jabatannya.
 
Pasalnya, menurut Amien Rais tindakan tersebut berpotensi merusak konstitusi yang sudah terbentuk.
 
Pendapat itu disampaikan Amien Rais dalam video unggahan kanal YouTube Refly Harun bertajuk "Amien Rais dan Reformasi 21 Mei 1998. Banyak yang Belum Terungkap" pada Kamis (20/5/2020).
 
Mulanya, Amien Rais menyoroti sistem pergantian presiden pascareformasi di mana berganti setiap lima tahun sekali. Tepatnya tahun 1998-2004, mulai dari pemerintahan Habibie hingga Susilo Bambang Yudhoyono.
 
"Saya mengingatkan alangkah lucunya, selang lima tahun kita menyaksikan lima presiden," ucap Amien Rais seperti dikutip Suara.com.
 
Mengacu pada sistem tersebut, Amien Rais lantas mengimbau agar rakyat menghormati masa jabatan penguasa negara. Sekalipun rakyat menolak kebijakan penguasa tersebut.
 
Hal itu, terang Amien Rais, semata-mata bertujuan untuk mempertahankan konstitusi yang telah ada.
 
"Jangan sampai kita nanti ada presiden turun di tengah jalan, ini kita hormati semarah-marah kita kepada preiden. Kita tunggu sampai akhir. Karena kalau kita turunkan presiden di tengah jalan lagi kambuh nanti nggak ada gunanya konstitusi," sambungnya.
 
Kepada Refly Harun yang memandu acara, Amien Rais menuturkan, imbauan tersebut juga berlaku sampai sekarang, saat pemerintahan Jokowi.
 
Sebagai sosok yang dikenal vokal mengkritik pemerintah, Amien Rais berpendapat jika Jokowi dilengserkan maka malah berpotensi memperkeruh situasi.
 
"Menurut saya, kalau Pak Jokowi sampai diturunkan itu akan jauh lebih parah. Lebih baik sudahlah. Ya sudah kita tunggu jika Allah menghendaki lain kita tidak akan pernah tahu," imbuhnya.
 
Kendati begitu, mantan ketua MPR tersebut tak menampik klaimnya tersebut bisa saja berubah apabila terjadi skandal politik seperti yang terjadi saat pemerintahan Presiden Amerika Serikat Richard Nixon.
 
"Tapi secara rasional, secara kesadaran politik, kesadaran bernegara sebaiknya memang ya apa seperti di Amerika, kalau ada skandal seperti Nixon ya apa boleh buat, tapi umumnya sejelek-jelek itu kan juga ditunggu," kata Amien Rais memungkasi.

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Amien Rais menyebut Presiden Jokowi merupakan sosok terbaik saat ini dan selamanya buat Republik Indonesia (RI), adalah salah. Faktanya, tangkapan layar itu merupakan editan.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
https://www.suara.com/news/2020/05/22/121035/amien-rais-kalau-jokowi-sampai-diturunkan-akan-lebih-parah
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id

 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif