Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Video Anakonda Memangsa Perempuan 70 Tahun? Cek Faktanya

Medcom Files Cek Fakta Ular Piton ular hoax kabar hoaks
Wanda Indana • 08 Juli 2022 13:31
Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan seekor ular anakonda dengan perut buncit telah memangsa perempuan berusia 70 tahun. Terlihat pada video sejumlah warga mengerumuni ular itu.
 
Video itu beredar di media sosial. Akun Facebook ini membagikan video tersebut pada Jumat, 1 Juli 2022. Pada unggahanya akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:
 
"Anaconda raksasa memakan wanita berusia 70 tahun"

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Benarkah? Berikut cek faktanya. [Cek Fakta] Video Anakonda Memangsa Perempuan 70 Tahun? Cek Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim video yang beredar memperlihatkan ular anaconda memakan perempuan berusia 70 tahun adalah salah. Faktanya, bukan anakonda, melainkan ular Piton sepanjang 6 meter yang lemas setelah memangsa satu ekor babi hutan.
 
Melalui reverse image,video serupa telah beredar di YouTube diunggah kanal SantaiBanget pada 16 Desember 2016 berjudul "Ular Piton Panjang 6 m di halaman Mapolrest Kota Sabang Jum'at 16 desember 2016".
 
Berikut deskripsi video tersebut:
 
"Ular Piton Panjang sekitar 6 Meter yang ditemukan di Cot mancang Gampong Cot Abeuk berada di di halaman Mapolrest kota sabang. Ular Piton panjang 6 m tersebut sudah melemas Setelah Memangsa Satu Ekor Babi Hutan tampak masyarakat sabang sedang menyaksikan langsung ular piton gegerkan warga di halaman Mapolres kota sabang ular piton makan babi hutan ini memang sempat menghebohkan masyarakat kota sabang akhirnya warga berhasil evakuasi ular piton tersebut ke mapolrest kota sabang yang menjadi tontonan warga setempat. Kemunculan Ular piton secara tiba - tiba sering membuat masyarakat resah apalagi kalau sampai ular piton makan mangsa seperti hewan ternak dan lainnya"
 
[Cek Fakta] Video Anakonda Memangsa Perempuan 70 Tahun? Cek Faktanya

 
Kesimpulan:
Klaim video yang beredar memperlihatkan ular anaconda memakan perempuan berusia 70 tahun adalah salah. Faktanya, bukan anakonda, melainkan ular Piton sepanjang 6 meter yang lemas setelah memangsa satu ekor babi hutan.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 
[Cek Fakta] Video Anakonda Memangsa Perempuan 70 Tahun? Cek Faktanya
 
Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=QSowvzwg7EE
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif