Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Twitter

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] WhatsApp Resmi Meluncurkan Versi Terbaru Berwarna Pink ? Cek Dulu Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 29 April 2021 13:35
Beredar link unduhan aplikasi percakapan WhatsApp versi terbaru. Link itu beredar melalui pesan berantai dan media sosial.
 
Akun Twitter @ShafiUmar2 turut menyebarkan link tersebut pada 17 April 2021. Disebutkan, WhatsApp baru saja merilis versi terbaru dengan tampilan tatap muka berwarna merah muda atau pink.

"Officially Whatsapp Launched Pink Whatsapp With Extra New FeaturesMust Try this."
Terjemahan:
"Whatsapp Resmi Meluncurkan Pink Whatsapp Dengan Fitur Ekstra Baru Harus Dicoba."


 
[Cek Fakta] WhatsApp Resmi Meluncurkan Versi Terbaru Berwarna <i>Pink</i> ? Cek Dulu Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim bahwa WhatsApp merilis versi terbaru dengan tampilan aplikasi berwarna merah muda atau pink adalah hoaks. Faktanya, link yang beredar merupakan modus pencurian data. Melalui akun Twitternya, Pakar keamanan siber asal India, Rajshekhar Rajaharia mengatakan link unduhan aplikasi tersebut adalah malware yang mampu mengambil alih akses ponsel pengguna. Dia mengimbau untuk tidak mengklik atau mengunduh aplikasi palsu tersebut.
 
"Hati-hati terhadap @WhatsApp Merah Jambu!! Virus sedang disebarkan #WhatsApp grup dengan tautan unduhan APK. Jangan klik tautan apa pun dengan nama WhatsApp Pink. Akses lengkap ke ponsel Anda akan hilang. Bagikan dengan Semua .."
 

 
Pula, dilansir Gadgets360 melaui artikel berjudul "WhatsApp Pink Scam in Circulation, a Fake App That Could Steal User Data and Gain Access to Phones" dijelaskan bahwa WhatsApp Pink beredar sebagai aplikasi berbahaya yang dapat mencuri data setelah dipasang dan memungkinkan peretas mendapatkan akses ke ponsel Anda. Sebuah pesan telah dikirim ke beberapa pengguna yang berisi tautan dan berpura-pura memberikan pengalaman WhatsApp yang ada dalam warna pink dan menghadirkan fitur-fitur baru.
 
Namun, alih-alih membawa perubahan apa pun ke instalasi WhatsApp asli, tautan tersebut mengarah ke halaman dengan opsi untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Pink yang berbahaya di ponsel mereka. Aplikasi ini tidak memiliki hubungan apa pun dengan WhatsApp atau dengan Facebook.
 
"Setelah terinstal, aplikasi WhatsApp palsu mulai mengedarkan pesan yang berisi tautan untuk mengunduh. Tujuan peretas tampaknya mengumpulkan data pengguna sebanyak mungkin,” kata Rajaharia kepada Gadgets 360.
 
WhatsApp juga menegaskan bahwa pihaknya tidak membuat aplikasi versi terbaru dengan tatap muka berwana merah muda.
 
"Siapa pun bisa mendapatkan pesan yang tidak biasa, tidak seperti biasanya, atau mencurigakan pada layanan apa pun, termasuk email, dan kapan pun itu terjadi, kami sangat menganjurkan semua orang untuk berhati-hati sebelum menanggapi atau terlibat," kata WhatsApp dalam pernyataan yang telah disiapkan yang dikirim ke Gadgets 360.
 
"Di WhatsApp di Khususnya, kami juga menyarankan agar orang-orang menggunakan alat yang kami sediakan dalam aplikasi untuk mengirimi kami laporan, melaporkan kontak, atau memblokir kontak. ”
 
Ini bukan pertama kalinya versi WhatsApp palsu beredar. Di masa lalu, pengguna diserang oleh varian WhatsApp Gold yang juga dibuat oleh beberapa peretas untuk mendapatkan data pengguna secara jahat.
 

[Cek Fakta] WhatsApp Resmi Meluncurkan Versi Terbaru Berwarna <i>Pink</i> ? Cek Dulu Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa WhatsApp merilis versi terbaru dengan tampilan aplikasi berwarna merah muda atau pink adalah hoaks. Faktanya, link yang beredar merupakan modus pencurian data.
 
Informasi ini jenis hoaks imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
 

[Cek Fakta] WhatsApp Resmi Meluncurkan Versi Terbaru Berwarna <i>Pink</i> ? Cek Dulu Faktanya
 

Referensi:
https://twitter.com/rajaharia/status/1383476641293168640
https://gadgets.ndtv.com/apps/news/whatsapp-pink-fake-app-circulation-virus-malware-2416910
https://archive.md/h2lWE
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel[email protected]atau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif