Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Foto Marc Marquez Jalani Terapi Urut di Bulukumba? Begini Faktanya

Medcom Files Marc Marquez hoax Cek Fakta kabar hoaks mandalika circuit
Wanda Indana • 25 Maret 2022 10:46
Beredar foto memperlihatkanpembalap MotoGp Marc Marquez disertai narasi bahwa dirinya sedang beradadi Batukaropa, Bulukumba untuk menjalani terapi urut. Foto ini beredar di media sosial.
 
Akun Facebook Dirham Jombe membagikan foto tersebut pada Minggu, 20 Maret 2022. Akun itu mengunggah dua foto, salah satunya menunjukkan seorang pria lokal sedang mengurut lengan Marquez bagian kanan.
 
Foto itu disebar setelah pembalap asal Spanyol itu mengalami kecelakaan di tikungan 7 saat sesi pemanasan di MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu. Marquez mengalami gegar otak dan beberapa luka ringan sehingga tidak dapat mengikutiGrand Prix Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Pada unggahan fotonya, akun itu menyertakan narasi sebagai berikut:

“Marc marquez skrg lagi berada di batukaropa kabupaten bulukumba untuk di urut.”


Benarkah? Berikut cek faktanya.
[Cek Fakta] Foto Marc Marquez Jalani Terapi Urut di Bulukumba? Begini Faktanya
 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto yang beredar memperlihatkanMarc Marquez menjalani terapi urutdi Batukaropa, Bulukumba, adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hasil suntingan.
 
Tidak ada pemberitaan resmi terkait kabarMarc Marquez menjaliterapi urut. Pascainsiden kecelakaan, Marquez memberikan kabar kesehatannya melalui unggahan Instagram.
 
"Sepertinya saya mengalami déjà vu... Selama perjalanan kembali ke Spanyol, saya mulai merasa tidak nyaman dengan penglihatan saya, dan kami memutuskan untuk mengunjungi Dr. Sánchez Dalmau, yang memastikan bahwa saya mengalami episode baru diplopia. Untungnya, itu tidak separah cedera yang saya alami akhir tahun lalu. Tapi sekarang saatnya untuk beristirahat dan menunggu untuk melihat bagaimana cederanya berkembang. Seperti biasa, terima kasih banyak untuk semua orang atas dukungan Anda!!" tulis Marquez.
 
Pula, foto suntingan yang beredar berasal akun Instagram @malinsamiak sebagai bentuk candaan. Foto aslinya memperlihatkan terapis mengurut pria lokal berkaos abu-abu.
 
"kan alah pak kecekan, baok onda lambek2, kalau lah mode ki sia nan k manyabik rumpuik bisuak?
 
olah digital by @malinsamiak" tulis akun@malinsamiak.

 

[Cek Fakta] Foto Marc Marquez Jalani Terapi Urut di Bulukumba? Begini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto yang beredar memperlihatkanMarc Marquez menjalani terapi urutdi Batukaropa, Bulukumba, adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah hasil suntingan.
 
Dengan demikian informasi Marc Marquez yang melakukan terapi urut di Bulukumba merupakan informasi yang tidak benar dan masuk ke dalam kategori Satire atau Parodi.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis satire atau parodi. Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh.
 
Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme. Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.
 
Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.
 

[Cek Fakta] Foto Marc Marquez Jalani Terapi Urut di Bulukumba? Begini Faktanya
 

Referensi:
https://www.instagram.com/p/CbUpCT7LNzI/
https://www.gridoto.com/read/222317013/marc-marquez-sambut-september-dengan-senyuman-tangan-kanan-sudah-sembuh
https://turnbackhoax.id/2022/03/23/salah-pembalap-marc-marquez-sedang-di-bulukumba-untuk-di-urut/
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surelcekfakta@medcom.idatau WA/SMS ke nomor082113322016
 

 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif