Foto tangkapan layar informasi yang beredar di grup WhatsApp
Foto tangkapan layar informasi yang beredar di grup WhatsApp

Fakta atau Hoaks

[Cek Fakta] Nanti di IKN tidak Mudah Menemukan Masjid? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta IKN Nusantara
M Rodhi Aulia • 17 Maret 2022 10:44
Beredar sebuah narasi bahwa nanti di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak mudah menemukan masjid karena salah satu pimpinan IKN berasal dari pengembang tertentu. Narasi ini beredar di grup WhatsApp, baru-baru ini.

"Jadi bangsa Indonesia sudah ada gambaran yang jelas bahwa di IKN nantinya penghuninya mayoritas Cina dan jangan berharap mudah menemukan masjid seperti halya saat ini ketika kita masuk ke perumahan yang dibangun sinarmas dan pengembang perumahan kristen lainya seperti grup Lippo, agung sedayu, podomoro tidak ada masjid, yang ada bangunan gereja besar besar. .."


 
[Cek Fakta] Nanti di IKN tidak Mudah Menemukan Masjid? Ini Faktanya
 

Benarkah demikian?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa nanti di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak mudah menemukan masjid karena salah satu pimpinan IKN berasal dari pengembang tertentu, adalah salah. Faktanya, masjid menjadi salah satu infrastruktur prioritas tahap pertama.

"Kementerian PUPR akan membangun Istana Kepresidenan, Masjid Negara, perkantoran kementerian/lembaga, penataan Kawasan Sumbu Kebangsaan dan Tripraja," tulis Kumparan.com dalam laporannya, 13 Maret 2022.

[Cek Fakta] Nanti di IKN tidak Mudah Menemukan Masjid? Ini Faktanya
 

Tahap awal dimulai pada 2022 hingga 2024 mendatang. Masjid akan dibangun dalam rentang waktu tersebut. Juga hunian untuk para aparatur sipil Negara dan beberapa infrastruktur pendukung lainnya.
 
Pada April 2021 lalu, desain masjid sudah diungkap ke publik. Masjid itu akan dibangun berdekatan dengan kompleks Istana Negara.

"Masjid Agung juga mengadopsi kesan terbuka nan lapang, dikelilingi sentuhan hijau taman di sana-sini. Juga, terdapat unsur air di dalam kompleks bangunan untuk menambah kesan sejuk, serta menenangkan," tulis Liputan6.com dalam laporannya, 5 April 2021.


 
[Cek Fakta] Nanti di IKN tidak Mudah Menemukan Masjid? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa nanti di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak mudah menemukan masjid karena salah satu pimpinan IKN berasal dari pengembang tertentu, adalah salah. Faktanya, masjid menjadi salah satu infrastruktur prioritas tahap pertama.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
 

[Cek Fakta] Nanti di IKN tidak Mudah Menemukan Masjid? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://kumparan.com/kumparanbisnis/istana-kepresidenan-hingga-masjid-negara-di-ikn-mulai-dibangun-tahun-ini-1xfv2sCWsTR/full
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4523695/setelah-istana-negara-nyoman-nuarta-ungkap-desain-masjid-agung-ibu-kota-baru
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif