Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Puluhan Mobil Mewah di Kilang Pertamina Balongan Ikut Terbakar? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 01 April 2021 16:10
Beredar sebuah video yang menunjukan puluhan mewah supercar ikut terbakar dalam insiden kebakaran tangki kilang Pertamina di Indramayu, Jawa Barat. Video beredar di facebook.
 
Dalam video berdurasi 21 detik itu, memperlihatkan berbagai jenis supercar hangus terbakar. Di dalam video terdapat kutipan Pertamina Indramayu.
 
Akun facebook Syam Siar membagikan video ini pada 31 Maret 2021. Dalam unggahannya ia memberikan kutipan sebagai berikut.

"ADA HIKMAHNYA JUGA...
MELEDAKNYA PERTAMINA DI INDRAMAYU..
MOBIL MEWAH IKUT TERBAKAR...!!!
SIAPA PEMILIKNYA???"


[Cek Fakta] Puluhan Mobil Mewah di Kilang Pertamina Balongan Ikut Terbakar? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim puluhan mewah supercar ikut terbakar dalam insiden kebakaran tangki kilang Pertamina di Indramayu, Jawa Barat adalah salah. Faktanya, insiden terbakarnya puluhan supercar tersebut terjadi di Inggris. Dilansir dari kompas.com, kejadian tersebut terjadi sebuah gudang di Cheshire, Inggris.
Insiden ini menjadi sorotan justru bukan kasus kebakaran tersebut, melainkan nasib deretan mobil mewah yang lenyap dilahap di jago merah.
 
Setidaknya lebih dari 80 mobil sports car lenyap terbakar. Di antaranya adalah Ferrari LaFerrari, salah satu koleksi termahal dan menjadi satu-satunya mobil yang belum sepenuhnya terbakar.
 
Tidak hanya itu, beberapa model Ferrari lainnya diberitakan juga turut dilalap di jago merah, mulai dari 250 GTE, 360 Spider hingga 812SF. Mobil paling berharga dalam koleksi yang hancur dalam kebakaran itu dilaporkan bernilai 3 juta Pound Britania atau setara dengan Rp 59 miliar.
 
Diketahui, pemiliknya menyimpan mobil-mobil mewah tersebut di dua aula sebelum kebakaran hebat terjadi. Meski sebagian besar mobil diasuransikan, ada beberapa kendala sehingga kerugiannya tidak dapat diperbaiki.
 
[Cek Fakta] Puluhan Mobil Mewah di Kilang Pertamina Balongan Ikut Terbakar? Ini Faktanya
 
Lokasi utama kebakaran di kilang Pertamina Balongan sendiri saat ini belum bisa diakses. Lokasi utama kebakaran hanya bisa dilihat melalui drone.
 
Dilansir medcom.id, PT Pertamina (Persero) menyatakan seluruh api pada empat tanki T-301 yang terbakar di area Kilang Balongan telah padam pada 31 Maret 2021.
 
Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto dalam keterangan resmi menuturkan sebelumnya tim emergency telah berhasil memadamkan api di tangki T-301H pada pukul 01.30 WIB dini hari, disusul tangki T-301E pada pukul 06.44 WIB dan tangki T-301G pada pukul 08.30 WIB.
 
Untuk memastikan kondisi pemadaman di seluruh tangki terdampak, Pertamina masih terus melakukan pendinginan dan pengawasan hingga seluruh titik dinyatakan aman. Setelah dinyatakan tidak ada potensi api akan muncul kembali, baru kemudian startup pengoperasian kilang mulai dilakukan.
 
[Cek Fakta] Puluhan Mobil Mewah di Kilang Pertamina Balongan Ikut Terbakar? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim puluhan mewah supercar ikut terbakar dalam insiden kebakaran tangki kilang Pertamina di Indramayu, Jawa Barat adalah salah. Faktanya, insiden terbakarnya puluhan supercar tersebut terjadi di Inggris.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
[Cek Fakta] Puluhan Mobil Mewah di Kilang Pertamina Balongan Ikut Terbakar? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://archive.fo/bcGDz
2.https://otomotif.kompas.com/berita/111100315-ngeri-gudang-yang-isinya-puluhan-supercar-ludes-terbaka
3.https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis/GKdpm7dK-seluruh-titik-api-padam-kilang-balongan-siap-beroperasi-kembali
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif