Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Presiden Indonesia Pertama yang Menginjakan Papua? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 30 Maret 2021 13:57
Beredar sebuah informasi yang menyebutkan Presiden Joko Widodo satu-satunya presiden Indonesia yang menginjakkan kaki di tanah Papua. Informasi beredar di facebook.
 
Akun facebook Pino Jr. membagikan video pidato Presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya Jokowi menyatakan ingin berkunjung ke Kabupaten Nduga, Papua.
 
Dalam video tersebut terdapat kutipan "Presiden Pertama yang Menginjakkan Tanah Papua".

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
[Cek Fakta] Jokowi Presiden Indonesia Pertama yang Menginjakan Papua? Ini Faktanya Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Jokowi presiden Indonesia pertama yang berkunjung ke Papua adalah salah. Faktanya, presiden-presiden sebelumnya telah berkunjung Papua.
 
Presiden Indonesia ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di masa pemerintahannya pernah berkunjung ke Papua. Dilansir okezone.com, SBY berkunjung ke ke Sorong, Papua dan menuju Raja Ampat guna membuka puncak kegiatan Sail Raja Ampat, di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Waisai, Ibukota Kabupaten Raja Ampat pada 22 Agustus 2014.
 
Kunjungan tersebut sempat tertunda selama satu hari karena memantau pembacaan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.
 
[Cek Fakta] Jokowi Presiden Indonesia Pertama yang Menginjakan Papua? Ini Faktanya
 
Dilansir tempo.co, Presiden ke 5 Megawati Soekarno Putri pun sempat bertolak ke Papua pada 25 Desember 2003. Presiden Megawati beserta rombongan mendarat di Biak. Rombongan Presiden yang terdiri dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro, bergabung dengan rombongan dari Departemen Energi dan Kedutaan Besar Cina yang tiba beberapa jam sebelumnya.
 
Kedatangan Megawati untuk merayakan Natal dengan umat Kristiani di sana dan pencanangan proyek Tangguh sebagai proyek nasional dan sentral gas alam cair ketiga di Indonesia, setelah Arun dan Bontang.
 
[Cek Fakta] Jokowi Presiden Indonesia Pertama yang Menginjakan Papua? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Jokowi presiden Indonesia pertama yang berkunjung ke Papua adalah salah. Faktanya, presiden-presiden sebelumnya telah berkunjung Papua.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Jokowi Presiden Indonesia Pertama yang Menginjakan Papua? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://economy.okezone.com/berita/320-1028279/ke-papua-sby-resmikan-10-proyek-infrastruktur
2.https://nasional.tempo.co/read/36248/pdp-kedatangan-megawati-ke-papua-diterima-dengan-catatan
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel [email protected] atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif