Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Remaja Tiongkok Meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada Oktober 2021? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Wanda Indana • 22 Oktober 2021 10:47
Dikabarkan seorang remaja asal Tiongkok bernama Sun Jisu meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada awal Oktober 2021. Kabar ini berdar di media sosial.
 
Akun Facebook The Sun Reporters membagikan kabar itu pada Rabu, 6 Oktober 2021. Disebutkan, kabar itu juga dimuat kantor berita Reuters.Akun itu mengunggah sebuah foto anak kecil disertai narasi sebagai berikut:

"Meet the 13 year old Chinese hacker, Sun Jisu, That brought down Facebook, WhatsApp and Instagram for 6 Hours,"
 
According to Reuters, a Chinese hacker named “Sun Jisu” is responsible for stopping the services of “Facebook”, “WhatsApp” and Instagram.


Benarkah demikian? Berikut cek faktanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

[Cek Fakta] Remaja Tiongkok Meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada Oktober 2021? Ini Faktanya
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada foto memperlihatkan remaja asal Tiongkok bernama Sun Jisu meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada awal Oktober 2021 adalah salah. Faktanya, gangguan Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada awal Oktober karena adanya perubahan konfigurasi.
 
Wakil Presiden Infrastruktur di Facebook, Santosh Janardhan menyebut, gangguan terjadi karena perintah pemeliharaan rutin. Tetapi perintah itu menjadi bumerang, memutuskan jaringan, dan memblokir pusat data Facebook untuk berkomunikasi.
 
"Kami ingin memperjelas bahwa tidak ada aktivitas jahat di balik pemadaman ini, akar penyebabnya adalah perubahan konfigurasi yang salah di pihak kami," ucap Janardhan seperti dilansir indiatoday.id pada 6 Oktober 2021.
 
Beberapa pakar keamanan siber juga mengatakan, kesalahan konfigurasi oleh Facebook menyebabkan gangguan. Klaim tersebut sengaja disebarkan dan dikaitkan dengan kantor berita global Reuters. Padahal, reuters tidak pernah membuat laporan atau berita terkait hal tersebut.
 

[Cek Fakta] Remaja Tiongkok Meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada Oktober 2021? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim pada foto memperlihatkan remaja asal Tiongkok bernama Sun Jisu meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada awal Oktober 2021 adalah salah. Faktanya, gangguan Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada awal Oktober karena adanya perubahan konfigurasi.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Remaja Tiongkok Meretas Facebook, WhatsApp, dan Instagram pada Oktober 2021? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.indiatoday.in/fact-check/story/netizens-blame-chinese-hacker-for-facebook-outage-1861682-2021-10-06
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif