Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial
Tangkapan layar informasi yang beredar di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Video Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tidak Berbahaya? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
M Rodhi Aulia • 28 Oktober 2020 11:00
Beredar sebuah video memperlihatkan sejumlah orang menyampaikan pernyataan terkait covid-19. Video itu juga beredar di media sosial.
 
Mereka mengklaim berasal dari kalangan dokter, ilmuwan, dan aktivis perdamaian. Mereka menegaskan informasi terkait covid-19 selama ini tidak benar.

“Kami semua mengatakan peristiwa covid-19 ini tidaklah benar, dan kami memiliki tugas, terutama sebagai dokter untuk menyampaikan kebenaran,” kata salah seorang dalam video berdurasi 8 menit 59 detik itu.


Di antara poin yang ditegaskan adalah penyangkalan terhadap virus korona dan bahayanya. Isu covid-19 yang beredar selama ini diklaim adalah karangan belaka.

“Kenyataannya adalah bahwa itu (covid-19) tidak lebih jahat dari musim flu yang buruk,” ujar salah seorang lainnya dalam video itu.


 
[Cek Fakta] Beredar Video Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tidak Berbahaya? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa covid-19 tidak berbahaya ketimbang flu, adalah salah. Faktanya, pihak berwenang di level dunia bahkan Indonesia menyangkal pemahaman sejumlah orang pada video tersebut.

“Saya ingin melakukan klarifikasi terhadap video pernyataan aliansi dokter dunia tentang covid-19. Penting untuk diketahui oleh masyarakat bahwa konten video yang disebarkan oleh kelompok aliansi dokter dunia masuk dalam kategori misinformasi,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam laporannya seperti diunggah di kanal Youtube BNPB Indonesia, Selasa 27 Oktober 2020.


Wiku menuturkan terdapat tiga bentuk misinformasi dalam video itu. Pertama, misinformasi terhadap keyakinan bersifat umum. Kedua terhadap keyakinan teori konspirasi, dan ketiga, terhadap keyakinan dari agama. Konten pada video itu menyamakan covid-19 dengan influenza. Kata Wiku, penyebab dinamika transmisi dan akibat dari kedua penyakit tersebut sangat berbeda.
 
Wiku meminta masyarakat harus mewaspadai terhadap segala jenis informasi. Masyarakat perlu mengecek kredibilitas sumber informasi yang diterima dan merujuk pada sumber terpercaya seperti WHO (Badan Kesehatan Dunia), CDC (Centers for Disease Control and Prevention), Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tidak Berbahaya? Ini Faktanya
 

Kesimpulan:
Klaim bahwa covid-19 tidak berbahaya ketimbang flu, adalah salah. Faktanya, pihak berwenang di level dunia bahkan Indonesia menyangkal pemahaman sejumlah orang pada video tersebut.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.
 
Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.
 

[Cek Fakta] Beredar Video Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tidak Berbahaya? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=uhPGLIMTPGs
https://archive.md/Vi4Fj
 

*Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari Tim Kami untuk Kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb
 

[Cek Fakta] Beredar Video Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tidak Berbahaya? Ini Faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif