Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial
Tangkapan layar unggahan hoaks di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Beredar Kabar Meteor akan Jatuh di Indonesia pada 7 Mei 2022? Ini Cek Faktanya

Medcom Files lapan Meteor hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 20 Januari 2022 16:04
Beredar video yang memuat informasi bahwa akan ada meteor yang jatuh di langit Indonesia pada 7 Mei 2022. Video itu beredar di media sosial.
 
Akun TikTok @plat_k77 (Plat_K77) membagikan video tersebut pada 9 Januari 2021. Pada unggahannya, akun tersebut menambahkan narasi sebagai berikut:

"semoga di tahun 2022 ini dijauhkan dari bencana alam.dari darat laut dan udara.#bencana #prayForsemeru #merapi #tsunami #banjir #gempa #fyp #viral"


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 
[Cek Fakta] Beredar Kabar Meteor akan Jatuh di Indonesia pada 7 Mei 2022? Ini Cek Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim adanya meteor yang jatuh di langit Indonesia pada 7 Mei 2022 adalah salah. Faktanya, klaim ini dibantah ahli. Dilansir Kompas.com, Peneliti dari Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang menjelaskan, tidak ada meteor yang melintas dekat Bumi pada 7 Mei 2022. Memang, pada 9 Mei 2022 ada asteroid bernama 467460 atau 2006 JF42 akanmelewati bumi.
 
Andi melanjutkan,asteroid tersebut masih akan melintas dekat Bumi secara aman. Asteroid itu memiliki ukuran lebih besar dari 300 meter dengan jarak perpotongan orbit minimumnya kurang dari 7,5 juta km yakni sebesar 440 ribu km, namun asteroid tersebut
 
“Asteroid ini masih dapat melintas dekat Bumi secara aman karena jarak terdekatnya masih lebih besar dari batas Roche,” kata Andi kepada Kompas.com,
 
Batas Roche adalah batas di mana benda dapat mempertahankan bentuknya karena gaya kuncial/tidal sama dengan gaya gravitasi.
 

Kesimpulan:
Klaim adanya meteor yang jatuh di langit Indonesia pada 7 Mei 2022 adalah salah. Faktanya, klaim ini dibantah ahli.
 
Informasi ini jenis hoaks false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Beredar Kabar Meteor akan Jatuh di Indonesia pada 7 Mei 2022? Ini Cek Faktanya
 

Referensi:
-https://www.kompas.com/tren/berita/193000465-ramai-kabar-banyak-meteor-jatuh-di-indonesia-pada-7-mei-2022-benarkah-?page=all
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif