Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook
Tangkapan layar pemberitaan palsu di media sosial. Foto: Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Benarkah Video Ini Perlihatkan Putin Memainkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah? Ini Faktanya

Medcom Files Vladimir Putin hoax Cek Fakta kabar hoaks
Wanda Indana • 27 April 2022 15:16
Beredar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan Presiden Rusia Vladimir Putin sedang memainkan piano. Diklaim, Putin mainkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah.
 
Akun Facebook Caca Veronisa membagikan video berdurasi 2 menit 20 detik tersebut pada Senin, 11 April 2022. Dalam unggahan video terdengar lagu berjudul Aisyah Istri Rasulullah.

"Mr Putin Mainkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah "


Benarkah? Berikut cek faktanya.
 

[Cek Fakta] Benarkah Video Ini Perlihatkan Putin Memainkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah? Ini Faktanya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 

Penelusuran:
Dari hasil penelusuran, klaim pada video yang beredar memperliahatkan Putin memainkan lagu Aisyah Istri Rasulullah dengan piano adalah salah. Faktanya, video itu adalah hoaks lama yang kembali beredar. Tim Cek Fakta Medcom.id pernah mengulai klaim serupa. Sebelumnya, video tersebut dinarasikan bahwa Putin sedang mamainkan lagu Indonesia Raya. Namun, faktanya, Putin sedang memainkan lagu-lagu Rusia di Beijing, Tiongkok.
 
Dilansir media setempat rt.com , melalui artikel berjudul "Virtuoso-in-chief: Putin plays anthems of Russia’s capitals during intl forum in China (VIDEO)", dijelaskan bahwa Presiden Rusia tidak menyia-nyiakan waktunya menjelang pertemuan dengan mitranya Tiongkok di sebuah forum tingkat tinggi di Beijing. Dikenal karena minatnya yang besar pada musik, Vladimir Putin memainkan lagu kebangsaan Moskow dan Sankt Peterburg dengan piano.
 
Ketika Putin tiba di kediaman resmi Presiden Tiongkok Xi Jinping, dia tampak begitu terpesona oleh grand piano hitam sehingga dia langsung duduk di depan instrumen tersebut. Pertama, ia memainkan Moskovskie Okna (Moscow Windows), yang dianggap sebagai lagu tidak resmi ibu kota Rusia. Beberapa saat kemudian, ia menyanyikan lagu kebangsaan tidak resmi dari kota asalnya – Leningrad (sekarang Sankt Peterburg).
 

Kesimpulan:
Klaim pada video yang beredar memperliahatkan Putin memainkan lagu Aisyah Istri Rasulullah dengan piano adalah salah. Faktanya, video itu adalah hoaks lama yang kembali beredar.
 
Informasi ini jenis hoaksfalse context(konteks keliru).False contextadalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

[Cek Fakta] Benarkah Video Ini Perlihatkan Putin Memainkan Lagu Aisyah Istri Rasulullah? Ini Faktanya
 

Referensi:
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Wb74RXPk-cek-fakta-video-presiden-putin-bermain-piano-menyanyikan-lagu-indonesia-raya-ini-faktanya
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 
Kami saat ini mengadakan survei/kuesionerbertujuan memahami perilaku dan preferensi audiens terkait konten cek fakta dari media/pers di Indonesia. Anda bisa mengisi survei melalui tautan link di bawah ini. Data Anda akan dijamin kerahasiaannya dan hanya akan digunakan guna keperluan penelitian.
 
Link survei:https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta

 


 
(WAN)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif