Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Risma Gantikan Anies Baswedan? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 30 Januari 2021 08:00
Beredar sebuah video berjudul Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Sosial Tri Rismaharini menggantikan Anies Baswedan dari posisi gubernur DKI Jakarta. Video beredar di facebook.
 
Video berjudul "JOKOWI BERI SINYAL TUNJUK RISMA GANTIKAN ANIES BASWEDAN ~ BERITA TERBARU". Video diunggah pada 29 Januari 2021 dan telah ditonton lebih dari 234 ribu orang.
 
Dalam halaman muka video tersebut mencantumkan foto Presiden Joko Widodo tengah berjabat tangan dengan Tri Rismaharini. Berdiri di sampingnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Terdapat narasi sebagai berikut. "Akhirnya Semakin Memanas Jokowi Tunjuk Risma Gantikan Anies!?" Akun facebook atas nama Berliana Putri membagikan video ini pada 29 Januari 2021. Unggahan mendapatkan respn dari 112 warganet. Serta 28 komentar dan 5 kali dibagikan ulang.
 
[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Risma Gantikan Anies Baswedan? Ini Faktanya
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Sosial Tri Rismaharini menggantikan Anies Baswedan dari posisi gubernur DKI Jakarta adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi resmi posisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan digantikan.
 
Video tersebut diunggah di kanal youtube SKEMA POLITIK. Dalam video berdurasi 10 menit 4 detik itu sama sekali tidak ada narasi pernyataan Jokowi menunjuk Risma menggantikan Anies. Video hanya berisi pernyataan terkait kontestasi dan peluang Tri Rismaharini maju di Pilkada DKI mendatang.
 
Polemik jabatan gubernur DKI Jakarta ramai diperbincangkan bermula dari pernyataan Ketua DPC Partai Gerindra Ali Lubis yang meminta Anies mundur. Ia meminta Anies untuk mundur dari jabatannya sebagai gubernur jika tak lagi sanggup menangani pandemi. Pernyataan itu dikeluarkan usai Anies meminta Pemerintah Pusat mengambil alih penanganan pandemi di Jabodetabek.
 
"Anies nyerah lawan covid-19? Jika seperti itu maka sebaiknya mundur saja dari jabatan gubernur," kata Ali dalam keterangan tertulis, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Dilansir medcom.id, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad meminta publik tak mengaitkan pernyataan Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis dengan partai. Pernyataan Ali Lubis yang meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mundur dari jabatannya bukan sikap partai.
 
"Apa yang disampaikan oleh ketua DPC Jakarta Timur itu adalah pendapat pribadi. Namun memang substansi harus diperhatikan karena kan memang ini soal covid-19," kata Sufmi di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 25 Januari 2021.
 
Sufmi menyebut Partai Gerindra telah memberikan peringatan secara lisan kepada Ali Lubis atas pernyataan tersebut. Menurut dia, pendapat pribadi pun harus dikoordinasikan dengan partai.
 
"Sudah diingatkan karena ini menyangkut hal yang prinsipil," ujar dia.
 
Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta semua kader Gerindra untuk mengikuti arah kebijakan partai. Ariza yang juga Ketua DPD Gerindra Jakarta menegaskan pendapat pribadi tidak boleh melebihi kebijakan partai.
 
"Jadi kita minta semua kader bisa memahami, mengerti apa yang menjadi kebijakan partai," kata Riza.
 
Riza menjelaskan kebijakan Partai Gerindra sejak awal mendukung kepemimpinan Anies di Jakarta. Selain itu, posisi Riza yang menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI pun merupakan kebijakan partai.
 
"Jadi saya rasa semua kader akan memberikan dukungan penuh, sebaik mungkin agar kepemimpinan di sisa waktu dua tahun ke depan bisa lebih baik, efektif, dan bersinergi," ujar dia.
 
[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Risma Gantikan Anies Baswedan? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Sosial Tri Rismaharini menggantikan Anies Baswedan dari posisi gubernur DKI Jakarta adalah salah. Faktanya, tidak ada informasi resmi posisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan digantikan.
 
Informasi ini jenis hoaks fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.
[Cek Fakta] Jokowi Tunjuk Risma Gantikan Anies Baswedan? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/metro/eN4ZDWyk-minta-anies-mundur-dpp-partai-gerindra-tegur-ketua-dpc-jaktim
2.https://archive.fo/wip/DXZ0e
 
*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

"Anda juga bisa bergabung di dalam Hoax Buster Medcom.id, sebuah komunitas yang fokus dalam misi memberantas hoaks. Ada sesuatu dari tim kami untuk kamu yang aktif dalam misi ini. Cara pendaftarannya mudah, tinggal klik link berikut ini: https://bit.ly/2H42ayb"


 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif