Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook
Tangkapan layar berita palsu Foto:Facebook

[Fakta atau Hoaks]

[Cek Fakta] Jokowi Tunda Pilpres 7 Tahun Lagi? Ini Faktanya

Medcom Files Cek Fakta
Whisnu Mardiansyah • 26 September 2020 11:07
Beredar sebuah foto dengan narasi ucapan dari Presiden Joko Widodo. Foto tersebut berisi narasi ucapan Jokowi menginstruksikan untuk tidak menunda pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, namun meminta menunda Pilpres hingga tujuh tahun lagi.
 
Berikut narasi ucapan Jokowi dalam foto tersebut:

PILKADA JANGAN DITUNDA
 
PILPRES TUNDA 7 TAHUN LAGI

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Dukung saya sebagai Presiden seumur hidup. Tahun ini langit akan saya aspal untuk kalian menuju akhirat"


Di bawah foto tersebut, terdapat foto para tenaga medis yang tengah merangkai sebuah kata bertuliskan "Bacot". Foto ini diunggah akun Facebook bernama Henra Madani pada 24 September 2020.
[Cek Fakta] Jokowi Tunda Pilpres 7 Tahun Lagi? Ini Faktanya\
 
Penelusuran:
Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom.id, klaim bahwa Presiden Joko Widodo meminta Pilpres ditunda hingga tujuh tahun lagi adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dengan menggunakan foto Jokowi saat meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.
 
Dari penelusuran kami, foto tersebut ditemukan dalam artikel berjudul "Jokowi Pastikan RS Darurat Korona Wisma Atlet Siap Digunakan". Artikel dimuat di situs Medcom.id pada 23 Maret 2020. Foto tersebut karya fotografer Antara Hafidz Mubarak.
 
Dilansir dari Medcom.id, Presiden Joko Widodo saat itu menegaskan antrean di rumah sakit darurat untuk korona Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, bukan karena tak siap. Antrean terjadi lantaran pasien hanya fokus pada satu tempat.
 
"Memang saya melihat masyarakat melihat ini sebagai alternatif sehingga mereka antusias menuju wisma atlet semuanya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Jokowi menyebut saat itu seluruh fasilitas rumah sakit darurat sudah siap. Kasur, ventilator, dan tenaga medis sudah tersedia untuk merawat pasien korona.
 
Jokowi menjelaskan wisma atlet memiliki kapasitas maksimal 24 ribu orang. Namun, pemerintah baru menyiapkan tiga ribu ranjang.
 
"Artinya, kita ada kapasitas yang longgar. Tapi saya berharap tidak banyak yang ke rumah sakit darurat korona ini. Kita semua diberikan kesehatan yang baik," kata dia.
 
[Cek Fakta] Jokowi Tunda Pilpres 7 Tahun Lagi? Ini Faktanya
 
Pun dengan foto tenaga medis dalam unggahan tersebut juga hasil suntingan. Dalam artikel cek fakta medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Foto Penampakan Tenaga Medis Protes ke BEM? Ini Faktanya", telah ditemukan foto aslinya.
 
Melalui teknik reverse image, kami menemukan foto tenaga medis itu sebenarnya memegang kertas dengan tulisan "STAY AT HOME AND HELP US PLEASE". Foto itu dalam rangka mendukung kampanye #DiRumahAja di tengah pandemi virus korona atau covid-19. Halaman facebook Friends Of PDRM @fopdrm yang mengunggah foto itu pada 16 Maret 2020.
 

[Cek Fakta] Jokowi Tunda Pilpres 7 Tahun Lagi? Ini Faktanya
 
Kesimpulan:
Klaim bahwa Presiden Joko Widodo meminta Pilpres ditunda hingga tujuh tahun lagi adalah salah. Faktanya, narasi tersebut hasil suntingan dengan menggunakan foto Jokowi saat meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.
 
Informasi ini jenis hoaks Imposter content (konten tiruan). Imposter content terjadi jika sebuah informasi mencatut pernyataan tokoh terkenal dan berpengaruh. Tidak cuma perorangan, konten palsu ini juga bisa berbentuk konten tiruan dengan cara mendompleng ketenaran suatu pihak atau lembaga.
[Cek Fakta] Jokowi Tunda Pilpres 7 Tahun Lagi? Ini Faktanya
Referensi:
1.https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/aNraVxzK-jokowi-tegaskan-wisma-atlet-siap-menampung-pasien-korona
2.https://www.medcom.id/foto/news/1bVj4Eab-jokowi-pastikan-rs-darurat-korona-wisma-atlet-siap-digunakan
3.https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/0k80Dook-foto-penampakan-tenaga-medis-protes-ke-bem-ini-faktanya
4.https://archive.vn/xJBhg
 

*Kami sangat senang dan berterima kasih jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks atau memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta, kemudian melaporkannya melalui surel cekfakta@medcom.id atau WA/SMS ke nomor 082113322016
 

 
(WHS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif