NEWSTICKER
Membaca buku menjadi solusi terbaik untuk menikmati liburan Anda (Foto: Ilustrasi Pexels)
Membaca buku menjadi solusi terbaik untuk menikmati liburan Anda (Foto: Ilustrasi Pexels)

Membuat Tradisi 'Un-Holiday' saat Liburan

Rona liburan
Kumara Anggita • 17 Desember 2019 07:15
Jakarta: Liburan seharusnya memberi nuansa yang menyenangkan. Namun untuk beberapa orang, momen itu justru membawa kesedihan.
 
Ini bisa terjadi karena beberapa hal salah satunya kebiasaan membandigkan diri dengan orang lain. Melansir dari Bustle, Psikolog Klinis, Jo Eckler mengungkapkan masa liburan adalah masa di mana orang tampaknya memiliki waktu yang baik.
 
"Kami melihat gambar keluarga tertawa bersama dengan menggunakan piyama yang matching dan bermain-main, atau pasangan yang sangat mesra," kata Eckler.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan meskipun kita sendiri mungkin memiliki keluarga atau pasangan yang baik, sulit untuk hidup sesuai dengan foto yang dipotret,” sambungnya.
 
Untuk itu, penasihat, Jessica Eiseman mengungkapkan bahwa Anda tidak perlu menyelaraskan standar Anda seperti kebanyakan orang yang di sekitar Anda. Anda bisa menciptakan tradisi sendiri. Ini dinamakannya deng “Un-holiday”.
 
"Mungkin Anda tidak cocok dengan standar atau harapan tradisional untuk musim ini," kata Eiseman.
 
"Mungkin Anda tidak merayakan sama sekali atau melakukan perjalanan sendiri. Bagian terpenting adalah Anda menciptakan makna berdasarkan apa yang dinikmati dan membawa sedikit kedamaian, jika bukan kebahagiaan,” lanjutnya.
 
Liburan tidak perlu harus jalan-jalan, berkumpul bersama keluarga, teman kerabat. Bila Anda merasa nyaman dengan membaca buku atau nonton film favorit Anda di rumah, Anda tidak perlu malu untuk melakukannya.
 
Lakukanlah apa pun yang Anda rasa bisa membuat Anda senang. Bila kesedihan itu tetap tidak bisa ditanggulangi, semaki memburuk, memengaruhi selera makan, dan buat Anda insomnia. Tidak ada salahnya mengunjungi profesional sesegara mungkin.
 
Dan perlu diingat, kesedihan pada masa liburan adalah hal yang dapat dimengerti. Dan tidak apa merasakannya. Biarkan emosi itu mengalir dan lakukan perawatan diri yang berdampak positif.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif