Warungruparupa sebuah warung khusus makanan halal di Nagoya yang didirikan oleh Yuka Kataoka dan suaminya. (Foto: Dok. Luhur Hertanto)
Warungruparupa sebuah warung khusus makanan halal di Nagoya yang didirikan oleh Yuka Kataoka dan suaminya. (Foto: Dok. Luhur Hertanto)

Berawal dari Kerepotan, Jadilah Warung Makanan Halal

Rona wisata gaya
Luhur Hertanto • 10 November 2019 11:23
Jakarta: Bermula dari kesulitan mendapatkan makanan halal bagi keluarga, Yuka Kataoka dan suami berpikir berbisnis kuliner untuk muslimin di Jepang. Pada pertengahan 2013 pasangan suami-istri muslimin ini memulai menjual makanan halal secara online melalui sosial media dan situs Warungruparupa.onck.net.
 
Setahun terakhir usaha mereka berkembang dengan membuka sebuah warung khusus makanan halal di Nagoya, tempat tinggal mereka. Menunya dipilih makanan Indonesia sebab kebetulan populasi tertinggi WNI di Jepang ada di Nagoya. 
 
Tapi ternyata pelanggan warungnya tdak hanya WNI, tapi juga muslimin Thailand, Myanmar, Pakistan, Srilanka dan warga Jepang baik muslim dan non-muslim.   

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang paling laris ayam bakar. Saya belajar memasak dari teman-teman, buku dan YouTube. Pada dasarnya makanan Jepang tidak memakai banyak garam, jadi sering dibilang masakan saya kurang asin. Tapi soal pedas, katanya sudah pas. Hahaha...," ungkap Yuka.
 
Berawal dari Kerepotan, Jadilah Warung Makanan Halal
(Yuka Kataoka dan suami sejak pertengahan 2013 mulai menjual makanan halal secara online melalui sosial media dan situs Warungruparupa.onck.net. Foto: Dok. Luhur Hertanto)
 
Selain ayam bakar, ayam penyet, soto, sop buntut dan bakso warung yang diberi nama Warung Rupa-Rupa ini juga menyediakan makanan olahan siap saji, daging halal dan aneka bumbu masak. 
 
Ada kacang hijau, gula merah, daun salam, pisang kephok dan sebagainya termasuk cobek batu. Tujuannya memenuhi kebutuhan pelanggannya memasak di rumah untuk bekal makan siang putra-putri mereka bersekolah.
 
"Dengan memasak sendiri tentunya lebih efisien bagi rumah tangga. Kami membantu dengan menyediakan bahan-bahan masakan yang halal," jelas Yuka kepada medcom.id yang menemuinya di Warung Rupa-Rupa, Nagoya, Jepang, Rabu 6 November 2019.
 

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif