Menginap di hotel atau tempat umum lainnya tentu bisa meningkatkan kemungkinan Anda untuk terkena kontak dengan covid-19. (Ilustrasi/Pexels)
Menginap di hotel atau tempat umum lainnya tentu bisa meningkatkan kemungkinan Anda untuk terkena kontak dengan covid-19. (Ilustrasi/Pexels)

Amankah Menginap di Hotel pada Masa Pandemi?

Rona Kenormalan Baru
Raka Lestari • 11 Juni 2020 18:05
Jakarta: Dengan sudah dimulainya new normal, banyak orang yang mungkin sudah tidak sabar untuk bepergian. Dan menginap di hotel atau staycation bisa menjadi pilihan. Namun, sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya mengetahui terlebih dulu apakah itu aman atau tidak.
 
Menginap di hotel atau tempat umum lainnya tentu bisa meningkatkan kemungkinan Anda untuk terkena kontak dengan covid-19. Centers for Disease and Control Prevention (CDC) juga menekankan bahwa tetap berada di rumah adalah cara terbaik untuk melindugni diri sendiri dan orang lain dari terkena penyakit. Dan CDC juga menyarankan agar tidak bepergian jika sedang sakit atau berada di dekat seseorang yang sakit.
 
Hotel adalah tempat dimana berbagai orang dari seluruh dunia berkumpul. Covid-19 juga bisa tertular dari orang ke orang melalui droplets. “Untuk itu, melakukan jarak sosial dan menggunakan masker sangatlah penting jika memang Anda harus berada di dalam hotel,” kata Donald Schaffner, PhD, pakar penilaian risiko mikroba dan profesor di Rutgers School of Environmental and Biological Sciences, seperti dikutip health.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, kamar hotel yang dipakai oleh banyak orang juga bisa memiliki kemungkinan membawa kuman dan bakteri seperti SARS-CoV-2 yaitu virus yang bisa menyebabkan covid-19. “Begitu Anda mendapatkan kamar, Anda bisa menanyakan kapan tamu terakhir dalam kamar tersebut keluar,” saran Dr Schaffner. Menurutnya, hal ini untuk mengurangi risiko kuman atau bakteri yang masih tertinggal.
 
Meskipun sangat berisiko untuk menginap di hotel pada masa ini, tentunya ada beberapa kondisi di mana Anda memang harus menginap di hotel. “Jika hal ini terjadi, usahakan untuk memilih hotel yang terpercaya dan memang memiliki reputasi yang baik,” ujar Neha Vyas, MD, seorang dokter keluarga di Cleveland Clinis. 
 
Alasannya adalah karena beberapa hotel yang memang sudah memiliki jaringan besar biasanya akan memberikan tranparansi mengenai rutinitas kebersihan yang mereka lakukan.
 
“Memilih hotel yang memiliki reputasi baik adalah hal penting. Biasanya mereka akan memberitahukan kepada publik apa saja langkah yang mereka lakukan untuk melakukan kebersihan,” tutup Dr Vyas.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif