Ini Dia 5 Tempat Wisata Edukasi dan Bersejarah yang Seru di Jakarta

M Studio 15 Maret 2018 07:00 WIB
wisata jakarta
Ini Dia 5 Tempat Wisata Edukasi dan Bersejarah yang Seru di Jakarta
Museum Wayang (Foto:MI/Ramdani)
Jakarta: Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta memiliki berbagai macam destinasi wisata yang bisa dinikmati bersama keluarga. Tidak hanya menghibur dan menarik untuk difoto, tempat liburan ini juga memberikan wawasan yang sangat bermanfaat dan membuka cakrawala pengetahuan Anda. 

Yuk, ajak keluarga berkunjung ke lima tempat wisata berikut ini.

1. Taman Mini Indonesia Indah


 
(Foto: tempatwisataunik.com)

Anda bisa mengajak keluarga lebih mengenal kebudayaan negeri kita dengan mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Destinasi wisata di wilayah Jakarta Timur ini dibuka untuk umum sejak 1975, dan tetap dikelola dengan baik hingga saat ini. 

Area seluas lebih kurang 150 hektare ini menawarkan banyak sarana rekreasi dan edukasi, seperti mengenal berbagai rumah adat di Anjungan Daerah, mempelajari banyak hal dari belasan museum, merasakan keseruan di berbagai wahana, hingga menikmati keindahan taman flora dan fauna.


2. Monumen Nasional


(Foto:Antara/Angga Budhiyanto)

Jika berlibur ke Jakarta, rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Monumen Nasional (Monas). Tugu yang menjadi kebanggaan Indonesia ini berada di daerah Jakarta Pusat, tepatnya di Lapangan Medan Merdeka. Tidak hanya berfoto, Anda sekeluarga bisa mempelajari sejarah Indonesia melalui museum yang ada di dasar monumen ini. 

Perkembangan negara kita dari masa ke masa ditunjukkan melalui diorama. Naskah asli proklamasi juga terdapat di bagian bangunan bernama Ruang Kemerdekaan. Jika Anda penasaran dengan pemandangan Jakarta dari puncak Monas, ada lift yang akan membawa Anda ke pelataran puncak.


3. Museum Wayang

Untuk Anda yang hendak berlibur ke wilayah Jakarta Barat, kunjungilah Museum Wayang. Bangunan yang diresmikan tahun 1975 ini memiliki koleksi wayang dari seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, beberapa wayang dari luar negeri juga dipamerkan di sana,  seperti dari Kamboja dan Tiongkok. Museum ini juga menggelar pertunjukan wayang setiap bulan. Berlibur ke tempat ini akan menjadi pengalaman yang berkesan dan menambah pengetahuan.


4. Museum Bank Mandiri


(Foto:Antara/Jafkhairi)

Jika Anda berlibur ke Kota Tua, jangan lewatkan mengunjungi Museum Bank Mandiri. Bangunan yang berdiri sejak 1933 ini memiliki sejarah yang sangat panjang, mulai dari perusahaan dagang Belanda sampai akhirnya menjadi aset Bank Mandiri. 

Di museum ini, Anda akan diajak mengenal perkembangan kegiatan perbankan dari dulu hingga kini. Sambil berkeliling bangunan yang tampilannya masih asli ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang mata uang, surat berharga, mesin cetak, sampai penyimpanannya. 


5. Planetarium dan Observatorium Jakarta
 

(Foto:paketwisataedukasi.com)

Ada satu tempat wisata pendidikan di Jakarta yang berbeda dengan yang lain, yaitu Planetarium dan Observatorium Jakarta. Tempat ini sangat menarik, khususnya bagi siapa saja yang menyukai bintang dan benda-benda angkasa lainnya. 

Pengunjung akan diajak untuk menikmati indahnya langit dan luar angkasa melalui pertunjukan film di teater bintang. Teater ini berbentuk kubah dan pengunjung duduk untuk menikmati pertunjukan di langit-langitnya, seolah melihat ke langit lepas. 

Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi tempat pameran dan peneropongan bintang. Aktivitas peneropongan ini kadang dilakukan di luar jadwal kunjungan, dan siapa saja boleh mengikutinya secara gratis. Jika penasaran, Anda bisa langsung datang ke tempat wisata yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini.

Sangat disayangkan jika Anda sekeluarga melewatkan lima tempat wisata ini ketika berlibur ke Jakarta. Jangan khawatir soal penginapan karena Airy Rooms selalu punya solusi hotel di Jakarta, khususnya yang terdekat dengan tempat rekreasi tujuan Anda. 

Tak perlu khawatir akan kenyamanannya. Fasilitas lengkap seperti AC, TV layar datar, dan kamar mandi dengan shower air hangat bisa Anda nikmati selama menginap. Termasuk di antaranya peralatan mandi, air minum dan Wifi gratis. 

Pemesanan kamar hotel di Airy Rooms dapat Anda lakukan melalui situs web dan smartphone. Tunggu apa lagi? Booking sekarang juga!



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id