Rasa keju yang sebenarnya adalah gurih yang khas. (Foto: Rawpixels)
Rasa keju yang sebenarnya adalah gurih yang khas. (Foto: Rawpixels)

Ingin Makanan Enak, Tambahkan Keju dengan Rasa yang Sebenarnya

Rona manfaat keju
Kumara Anggita • 03 September 2019 08:26
Jakarta: Saat ini keju digunakan dalam berbagai makanan asli Indonesia. Namun, baiknya Anda tidak asal tambahkan keju ke setiap makanan Anda mengingat makanan Indonesia sendiri memiliki rasa yang kuat dan khas.
 
Ini dilakukan untuk mendapatkan rasa yang pas dan enak di lidah. Anda perlu menyampurnya dengan jenis keju yang memiliki rasa sebenarnya.
 
Chef Degan Septoadji mengatakan walaupun keju bukan berasal dari sini, namun secara rasa, keju cocok di lidah orang Indonesia. Keju dapat dijadikan sebagai bahan yang mempernikmat makanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aplikasi keju dalam kuliner nusantara dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti dijadikan topping, isian, dilelehkan, ataupun dicampurkan ke dalam masakan atau adonan, baik untuk hidangan utama, kudapan, kue maupun minuman," papar Chef Degan di Jakarta.
 
Rasa keju yang sebenarnya adalah gurih yang khas. Ini adalah hasil dari fermentasi susu yang diolah menjadi cheddar sebagai bahan baku utama dalam pembuatan keju. Karakteristik rasanya itu yang membuatnya menambah cita rasa pada berbagai jenis makanan.
 
Rasa makanan akan menjadi istimewa ketika Anda memadukan keju yang memiliki rasa sebenarnya. Dengan seperti itu, rasa keju yang khas dan rasa asli bumbu rempah dapat berbaur dengan sempurna.
 
"Keju kraft memiliki rasa gurih keju yang khas dengan perpaduan komposisi cheddar dan susu yang pas, menjadikannya memliki rasa keju yang sebenarnya dengan tekstur lembutnya dan rasa gurih yang lebih terasa," kata Chef Degan.
 
Paduan rasa yang lebih cocok untuk perpaduan keju adalah kombinasi rasa asin dan manis. Untuk itu, Anda harus menghindari rasa yang pahit.
 
Jika ingin dikombinasikan dengan sayuran, cari jenis sayuran yang memiliki rasa netral seperti brokoli, kembang kol, atau kentang. Hindari sayuran yang pahit seperti pare, leunca, atau daun pepaya.Rasa yang terlalu kuat akan membuat cita rasa dari keju dan makanan yang dicampur rusak.
 
"Misal saya makan keju dan sambal matah bali rasanya dua-duanya tidak kena. Misal ayam panggang diisi keju. Dengan bumbunya tidak terlalu pedas. Menurut saya akan sangat cocok," lanjutnya.
 
"Jika ingin yang lebih menantang, perpaduan keju juga bisa dilakukan dengan makanan yang memiliki rasa kuat seperti rendang. Perpaduan bisa dilakukan dengan cara rendang dipotong kecil-kecul lalu ditaburi keju," tambah Chef Degan.
 
Dengan memahami ini, Anda akan mendapatkan pengalaman makan keju secara optimal. Namun kembali lagi, semua tergantung selera. Selamat mencoba!
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif