ilusrasi--pexels
ilusrasi--pexels

Tips Menjadi Traveller yang Bertanggung Jawab

Rona wisata
Medcom • 19 Oktober 2019 16:08
Jakarta: Bepergian atau traveling adalah hobi yang sangat menyenangkan. Tetapi, sebagian traveler atau pelancong masih kurang sadar akan pentingnya tanggung jawab terhadap tempat-tempat yang dikunjungi.
 
Menurut Ben Lynam dari Travel Foundation, seharusnya traveler dapat membawa manfaat bagi masyarakat lokal dan tidak menguras sumber daya alam. "Ini pada dasarnya memberi lebih dari yang Anda ambil," kata Ben.
 
Tak ada salahnya untuk mulai menjadi traveler bertanggung jawab dari sekarang. Mengutip dari wanderlust, ketahuilah tips-tips menjadi traveller bertanggung jawab berikut ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Sebelum bepergian
 
Meneliti agen perjalanan
 
Sebelum bepergian, penting untuk meneliti perusahaan perjalanan yang anda gunakan. Cari tahu tentang pendekatan apa yang perusahaan lakukan untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar.
 
Jika Anda memesan secara independen, pertimbangkan semua aspek perjalanan Anda. 
Carilah maskapai penerbangan yang memasukkan biofuel atau mengimbangi emisi karbon, seperti program Virgin Atlantic's Change Is In The Air, yang mendanai proyek dari proyek kompor biomassa hingga ladang angin skala besar.
 
Pilihan akomodasi juga memiliki dampak besar pada jejak lingkungan Anda. Tinggal di tempat yang dimiliki dan dikelola secara lokal memastikan uang masuk langsung ke komunitas. 
 
Selanjutnya cari tahu lebih dalam tentang lokasi yang Anda tuju. Bacalah buku panduan, web, dan majalah perjalanan untuk memahami tekanan apa yang dihadapi saat tiba di tempat tujuan. Misalnya seperti kelangkaan air atau kemiskinan anak. 
 
Pelajari budayanya sebelum berangkat
 
Pedoman terpenting dari Organisasi Kode Etik Global untuk Pariwisata atau Organisasi Pariwisata Dunia (WTO) adalah membuka pikiran atau mindset Anda. 
 
Jadilah traveler yang toleran dan menghargai perbedaan dengan mematuhi tradisi, praktik sosial dan budayanya. Dengan ini, Anda akan mendapatkan rasa hormat dan lebih mudah diterima oleh penduduk lokal.
 
Pelajari cara mengatakan "halo" dan "terima kasih" dalam bahasa lokal. Kemudian mendidik diri sendiri dengan kebiasaan dan tindakan setempat, misalnya tidak mengambil foto tanpa izin.
 
Langkah pertama untuk menjadi traveler yang bertanggung jawab adalah menjadi traveler yang penuh hormat.
 
2. Di tempat tujuan
 
Ketika Anda sampai di tempat tujuan, implementasikan budaya setempat yang telah Anda pelajari sebelumnya. 
 
Berpikir secara lokal juga merupakan salah satu langkah menjadi traveler bertanggung jawab. Bertemu orang lokal, makan makanan lokal, sewa pemandu lokal dan gunakan transportasi lokal.
 
Carilah kesempatan untuk memberikan sesuatu kepada masyarakat, seperti memilih homestay daripada hotel, bergabung memasak dengan warga atau menjadi sukarelawan di sekolah setempat.
 
Selain itu, hormati budaya lokal dengan berpakaian secara tepat, tidak membuang sampah sembarangan, menghormati kepercayaan setempat dan perhatikan elemen-elemen lainnya.
 
3. Kembali ke rumah
 
Bertindak dengan bertanggung jawab tidak berakhir ketika Anda membongkar koper saja. Untuk menjadi traveler yang bertanggung jawab, Anda harus menyelesaikannya sampai pulang ke rumah.
 
Salah satu caranya, Anda bisa membeli berbagai oleh-oleh lokal. Perilaku ini dapat meningkatkan produksi dan pasar lokal.
 
Jika Anda menjanjikan hadiah kepada orang yang Anda temui di tempat wisata, patuhi janji-janji itu. Anda juga dapat menyumbang ke program yang mendukung komunitas yang Anda kunjungi.
 
Terakhir yang paling penting, kirim umpan balik ke operator tur Anda jika mereka layak dihargai. Berikan tips tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan kualitas perjalanannya sehingga traveler selanjutnya bisa mendapatkan pengalaman yang lebih ramah lingkungan. Sandra Odilifia.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif