Menparekraf Wishnutama janjikan akan ada banyak event yang diseriuskan. (Foto: Dok. MI/Ramdani)
Menparekraf Wishnutama janjikan akan ada banyak event yang diseriuskan. (Foto: Dok. MI/Ramdani)

Menparekraf Wishnutama: Akan Banyak Event yang Diseriuskan

Rona Menparekraf
Sunnaholomi Halakrispen • 23 Oktober 2019 18:31
Jakarta: Wishnutama Kusbandrio telah resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Ia berjanji akan perbaiki kualitas event pariwisata dengan menyeriuskan event yang ada.
 
"Event itu harus dipikirkan, tidak sekadar banyak sehingga membuat wisatawan ingin datang lagi. Wisatawan juga harus berkualitas dalam artian pengeluarannya," ujar Wishnutama di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Fokusnya, meningkatkan kreativitas dan daya tarik pariwisata Indonesia. Hal ini berkaitan dengan permintaan Presiden Jokowi terhadap dirinya sebagai menteri pengganti Arief Yahya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi memberikan tugas agar Wishnutama dapat meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata. Bagi Wishnutama, untuk menyukseskan tugas tersebut perlu dilakukan peningkatan kualitas pariwisata di Indonesia, seperti kualitas SDM serta wisatawan.
 
Namun, Wishnutama belum mau membeberkan bagaimana kelanjutan dari program Calendar of Events (COE) 2020 yang baru saja diresmikan Arief Yahya. Target wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) pun belum bisa disampaikannya.
 
"Saya harus pelajari dulu semuanya sehingga saya tahu harus bagaimana. Tapi yang pasti apa yang dilakukan Pak Arief sangat luar biasa, makanya tanggung jawab saya semakin berat," akunya.
 
Pada program tersebut, ada top 10 events pariwisata serta 100 events pariwisata unggulan yang telah diseleksi. Entah nantinya jumlah tersebut tetap atau akan dikurangi oleh Wishnutama selaku Menparekraf.
 
"Tentu saya melanjutkan apa yang sudah ada. Mempercepat, memperbaiki, dan meningkatkan dengan pemikiran lain yang berbeda," paparnya.
 
Sementara itu, Arief Yahya sempat menyampaikan bahwa devisa pariwisata tahun 2018 berada di angka USD19,35 miliar. Sedangkan, tahun 2019 diprediksi bisa mencapai USD20 miliar dolar.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif