Daging ayam mentah mengandung bakteri seperti campylobacter atau salmonella. (Foto Ilustrasi: Eric Mcnew/Unsplash.com)
Daging ayam mentah mengandung bakteri seperti campylobacter atau salmonella. (Foto Ilustrasi: Eric Mcnew/Unsplash.com)

Sebaiknya Jangan Mencuci Daging Ayam sebelum Dimasak

Rona tips memasak
Raka Lestari • 11 Februari 2019 16:47
Jakarta: Sebelum memasak ayam balado atau apa pun yang berbahan dasar ayam, biasanya Anda mencuci daging tersebut. Fungsinya untuk menghilangkan bakteri atau kuman, agar tak lagi terkontaminasi kotoran.
 
Apalagi diketahui, daging ayam mentah mengandung bakteri seperti campylobacter atau salmonella. Namun mencucinya dengan air tidak membantu menghilangkan bakteri tersebut.
 
Faktanya, mencuci ayam justru memperburuk masalah tersebut. Menurut UK National Health Service, hal ini karena air yang mengalir dan cipratan air tersebut dapat menyebarkan bakteri di sekitar bak cuci, meja, dan bahkan pakaian Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ina Garten, seorang koki profesional, mengatakan bahwa daging ayam sebaiknya tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Selain karena ada potensi bahaya dari mencuci ayam sebelum memasak, benar-benar tidak ada alasan utama untuk membenarkan hal itu, selain karena kebiasaan yang sudah lama diterapkan di masyarakat.

Baca juga: Cara Praktis Hilangkan Bau Bawang dari Mulut Anda

Sementara menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu-satunya cara yang tepat untuk menghilangkan bakteri adalah dengan memasak daging pada suhu yang tepat. Aturan ini juga berlaku untuk jenis daging dan ikan lainnya.
 
Tapi jika Anda merasa kurang nyaman, bisa membersihkan daging ayam dengan cara menepuk daging yang akan dimasak dengan menggunakan tisu.
 
Apabila Anda memutuskan untuk tetap melanjutkan kebiasaan mencuci daging, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mendisinfeksi dengan baik permukaan yang terkena cairan, atau percikan air dari cucian ayam.
 
Oleh sebab itu cuci tangan Anda secara menyeluruh setelah menyentuh daging mentah atau makanan apa pun, atau alat yang bersentuhan dengannya.
 
Kenali Kuliner Khas Imlek Bersama William Wongso

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif