Banyak manfaat kesehatan dari bawang putih, termasuk memerangi kanker dan menurunkan kolesterol serta tekanan darah. (Foto Ilustrasi: Team Voyas/Unsplash.com)
Banyak manfaat kesehatan dari bawang putih, termasuk memerangi kanker dan menurunkan kolesterol serta tekanan darah. (Foto Ilustrasi: Team Voyas/Unsplash.com)

Cara Praktis Hilangkan Bau Bawang dari Mulut Anda

Rona kesehatan
Raka Lestari • 10 Februari 2019 16:03
Jakarta: Banyak manfaat kesehatan dari bawang putih, termasuk memerangi kanker dan menurunkan kolesterol serta tekanan darah. Tetapi banyak orang yang ragu untuk mengonsumsinya karena bau bawang putih yang tertinggal.
 
Bau bawang putih setelah Anda mengonsumsinya terkadang bisa mengganggu dan juga bisa menurunkan rasa percaya diri ketika mengobrol dengan orang lain. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi dampak bau bawang putih setelah Anda mengonsumsinya:
 
1. Makan peterseli
"Senyawa belerang dalam bawang putih dilepaskan tidak hanya di mulut, tetapi juga di usus, dan mereka dapat merembes ke paru-paru dan kulit," kata Victor Sierpina, MD, profesor ilmu keluarga dan kedokteran integratif  di University of Texas Medical Branch, Amerika Serikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengonsumsi peterseli tidak hanya dapat membersihkan mulut tetapi juga dapat mengurangi bau bawang putih setelah mengonsumsinya. Kandungan klorofil dan polifenol mengikat senyawa belerang dalam bawang putih dan membantu menetralkan bau. Kemangi, thyme, cilantro, mint, dan dill memiliki efek yang serupa.
 
2. Minum susu
Susu secara efektif mengurangi bau bawang putih setelah Anda mengonsumsinya jika Anda meminumnya sebelum atau selama makan.
 
"Air dalam susu bertindak seperti membilas mulut, dan lemak menetralkan belerang. Karena itulah susu murni lebih efektif daripada susu skim," kata Kantha Shelke, PhD, ilmuwan makanan dan anggota Institute of Food Technologists.
 
3. Menggunakan obat kumur
Salah satu cara paling efektif untuk menetralkan senyawa sulfur yang tidak berbahaya dalam makanan seperti bawang putih adalah dengan menggunakan obat kumur dengan klorin dioksida atau zinc. Untuk bau mulut sederhana, carilah obat kumur yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride.
 
4. Minum air putih
Jika Anda ingin tahu bagaimana cara menghilangkan bau bawang setelah mengonsumsinya dengan cara paling sederhana, cukup minum air putih. Air akan membersihkan bawang putih yang tersangkut di gigi Anda atau berada di lidah Anda. Berkumurlah dengan menggunakan air putih untuk memastikan Anda membersihkan apa pun di antara gigi-gigi Anda.
 
5. Makan permen karet
Setelah banyak makan bawang putih, kunyahlah permen karet untuk menghilangkan baunya. Tidak hanya akan meninggalkan aroma segar di mulut Anda, tetapi juga akan merangsang produksi air liur yang membantu untuk menghilangkan bakteri dan makanan di mulut.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif