NEWSTICKER
Apa saja kuliner favorit Presiden Joko Widodo di Aceh? Berikut list kuliner yang juga bisa Anda kunjungi. (Foto: Dok. YouTube Presiden Joko Widodo)
Apa saja kuliner favorit Presiden Joko Widodo di Aceh? Berikut list kuliner yang juga bisa Anda kunjungi. (Foto: Dok. YouTube Presiden Joko Widodo)

3 Makanan Aceh Favorit Presiden Jokowi

Rona kuliner presiden jokowi Kenduri Kebangsaan
Kumara Anggita • 20 Februari 2020 17:31
Jakarta: Banyak hal yang bisa digali dari Provinsi Aceh khususnya kulinernya yang begitu beragam dan menggugah selera. Presiden Indonesia, Joko Widodo melalui Video Youtube-nya #JKWKULINER Makan-makan di Aceh membagikan kuliner favoritnya.
 
Apa saja kulinernya? Berikut list makanannya.
 
3 Makanan Aceh Favorit Presiden Jokowi
(Kopi Solong. Foto: Dok. YouTube Presiden Joko Widodo)

1. Kopi Solong  

Pemilik kopi solong, Haji Nawawi bercerita bahwa Kopi Solong merupakan kedai kopi tertua yang ada di Aceh. Walaupun dia menyajikan minumnya dengan cara konvensional, pengunjung tak pernah berhenti menikmati kopi-kopinya yang terdiri dari 20 rasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tahun 1974 itu, memang waktu itu belum ada kedai kopi di Ulee Kareng. Jadi mungkin ini adalah kedai kopi yang tertua. Saya menjalankan dengan sistem lama, kalau yang baru sistem siap saji itu kan, bayar dulu baru minum. Ini minum dulu baru bayar,” ujarnya.
 
Kedai ini dibuka sejak jam enam pagi dan sekitar 100 pengunjung bisa datang dalam sehari. Kopi yang digunakan adalah robusta dan arabica. Terdapat sekitar 20 rasa antara lain  kopi hitam manis, kopi hitam susu, kopi sanger, kopi kocok telur dan masih banyak lagi.
 
Sanger espresso adalah minuman yang paling digemari para pengunjung. Dia bercerita bahwa kopinya ini pernah menjadi pilihan destinasi Presiden Jokowi saat berkunjung ke Aceh. “Malah waktu bapak Jokowi dua bulan yang lalu ingin minum ke sini. Di agenda tuh ada minum Kopi Solong Ulee Kareng. Cuma kita tidak siap tempat karena lagi bangun di belakang,” jelasnya.
 
3 Makanan Aceh Favorit Presiden Jokowi
(Warung Nasi Kambing Lem Bakrie. Foto: Dok. YouTube Presiden Joko Widodo)

2. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Warung Nasi Kambing Lem Bakrie juga adalah tempat makan yang perlu Anda kunjungi jika Anda ingin makan makanan yang besar. Kegurihan yang diberikan membuat Presiden Jokowi sampai datang dan mengatakan bahwa menunya begitu enak.
 
Pemilik Warung Nasi Kambing Lem Bakrie yaitu Bakrie bercerita bahwa tempatnya ini sudah ada sejak tahun 2013. Makanan ini menjadi khas karena bumbu yang digunakan adalah racikan sendiri. Toko ini buka dari jam 11 siang hingga 4 sore saja.
 
“Yang meracik bumbunya saya sendiri. Saya rebus, kemudian setelah satu jam tambah nangka, pisang, dan air. Sebelum masak ngaduk dulu bumbunya semua. Prosesnya itu hanya dua jam,” jelasnya.
 
Dia juga menyebutkan bahwa menu andalannya antara lain ayam goreng panas, ayam tangkap, kari kambing. Presiden Jokowi pun pernah berkunjung ke sini dan sangat menyukai kari kambing dan ayam gorengnya. “Alahmdulilah Warung Nasi Kambing Lem Bakrie pernah dikunjungi Pak Jokowi. Tidak menyangka Warung Lem Bakrie dikunjung Bapak Presiden. Rasanya luar biasa. Beliau suka kari kambing sama ayam gorengnya, yang beliau makan waktu pulang pun beliau ngomong ‘enak sekali ya’,” ujarnya.
 
3 Makanan Aceh Favorit Presiden Jokowi
(Mie Rezali. Foto: Dok. YouTube Presiden Joko Widodo)

3. Mie Rezali

Selain kari dan ayam, jangan lupa juga untuk menyantap Mie Aceh. Salah satu rekomendasi Mie Aceh yang enak di Aceh adalah Mie Rezali. Resep dibuat langsung dari almarhum Razali dan dipertahankan keasliannya hingga sekarang.
 
“Setahu saya mulai dari tahun 1967 ya. Awal-awal mula dulu pakai gerobak gitu di emperan jalan. Ya Alhamdulillah bisa sebesar ini. Kita mulai dari jam sembilan pagi, mulai dari potong-potong sayur sama ngumpulin ini bumbu-bumbu sampai selesai. Salat Maghrib kami tidak melayani. Setelah Maghrib baru kita lanjut lagi,” ungkapnya.
 
Menu andalan dari tempat makan ini antara lain mie campur, mie kepiting, sama mie seafood. Untuk menu tambahannya ada juga roti canai, martabak aceh. Sementara minuman favorit adalah teh tarik. Dia juga bercerita bahwa presiden pernah menikmati hidangan dari tokonya. Heri merasa senang dan bangga.
 
“Bahkan pernah ada orang beli mie juga di luar sini nanya ‘katanya di sini pernah datang Bapak Jokowi, ya?’ ‘oh iya, itu fotonya saya gitu’,” ujarnya. “Bapak Jokowi memesan makanan mie aceh kuah daging sama minumnya kalau tidak salah jus tomat,” lanjutnya. Itulah tiga makanan yang bisa Anda cari saat berkunjung ke Aceh. Anda akan merasakan kehasan makanan Aceh yang tak terlupakan.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif