Batuan andesit yang ada di Pantai Wediombo menjadi pemandangan khas di sepanjang pantai. (Foto: Arthurio Oktavianus/Medcom.id)
Batuan andesit yang ada di Pantai Wediombo menjadi pemandangan khas di sepanjang pantai. (Foto: Arthurio Oktavianus/Medcom.id)

Menikmati Pesona Batuan Karang dan Andesit di Pantai Wediombo

Rona wisata pantai
Arthurio Oktavianus Arthadiputra • 01 Desember 2019 13:45
Yogyakarta: Bagi para traveler pencinta pantai dan kebetulan sedang berada di Yogyakarta, ada satu pantai yang bisa dijadikan pilihan destinasi, Pantai Wediombo. Berada di wilayah Pegunungan Sewu, tepatnya di Desa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta.
 
Berkunjung ke pantai ini bisa untuk liburan sekaligus menambah pengetahuan. Pasalnya, di sini Anda akan mengetahui tentang batuan karang dan andesit yang berserakan di pinggir pantainya.
 
Pantai Wediombo berjarak 80 kilometer dari Kota Yogyakarta. Bila ditempuh dengan kendaraan
bermotor, waktu yang dihabiskan mencapai dua jam. Lahan perkebunan daerah karet dan jejeran hutan jati, menjadi pemandangan umum yang dilihat sepanjang perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski terhitung agak jauh dari Kota Yogyakarta, pesona pantai ini dijamin mampu membuat
mata para traveler terbelalak dengan keindahan yang disuguhkan. Air pantai nan tenang, menjilat pasir pantai putih yang menyelimuti batuan karang dan andesit, semakin lengkap dengan semilir angin pantai yang berhembus. Sangat membuai.
 
Menikmati Pesona Batuan Karang dan Andesit di Pantai Wediombo
Bercengkerama di tepi Pantai Wediombo. (Foto: Arthurio Oktavianus)
 
Batuan karang dan andesit bila di pantai lain para traveler hanya menemukan batuan karang berserakan di pantai, di Wediombo tidak demikian. Batuan karang dan andesit seolah saling berangkulan di sepanjang pantai.
 
Batuan karang merupakan batuan yang berasal dari karang di laut. Sedangkan batuan andesit
merupakan suatu jenis batuan beku vulkanik atau sisa letusan gunung berapi. Dua batuan ini
menjadikan Pantai Wediombo sangat spesial karena jarang ditemukan di tempat lain.
 
Heri (52), pengunjung asal Magelang, mengatakan baru pertama kali berkunjung ke Pantai Wediombo. Bersama keluarganya, Heri sangat mengagumi keindahan Pantai Wediombo yang sangat berbeda dengan pantai lainnya.
 
“Batuan pantai di sini berbeda dengan batu di pantai lain yang pernah saya kunjungi. Di sini juga bisa dikatakan sudah lengkap. Ada warung yang menyediakan makanan dan tempat istirahat bila lelah menyusuri pantai,” kata Heri.

Surfing dan snorkeling

Berkunjung ke Pantai Wediombo tidak hanya bisa menikmati suasana pantainya nan indah.  Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain yang seru dan menyenangkan. Seperti memancing, surfing, snorkeling, dan berenang di laguna dengan kedalaman sekitar satu setengah meter.
 
Bila pengunjung ingin surfing dan snorkeling, bisa menghubungi pengelola Wediombo Surf Society, yang bertempat di sisi kanan area dalam gapura masuk ke pantai. Biaya yang dikenakan untuk penyewaan peralatan snorkeling Rp50 ribu dan surfing sebesar Rp150 ribu.
 
Menikmati Pesona Batuan Karang dan Andesit di Pantai Wediombo
Penduduk pesisir Pantai Wediomboita mencari gurita dicelah-celah batu karang.khas di sepanjang pantai. (Foto: Arthurio Oktavianus/Medcom.id)
 
Pengunjung yang ingin berenang, harus menunggu apakah air pantai sedang pasang atau surut. Ini harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan para pengunjung sendiri. Bila ingin memancing di Pantai Wediombo, pengunjung bisa mencari lokasi di sepanjang pantai.
 
Biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi Pantai Wediombo juga tidaklah mahal. Harga tiket masuk Rp10 ribu, parkir motor Rp5 ribu dan parkir mobil Rp10 ribu Cukup murah bukan? Ayo berkunjung ke Pantai Wediombo.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif