Anda bingung dengan nama ukuran kopi di kedai franchise asal Amerika ini? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Anda bingung dengan nama ukuran kopi di kedai franchise asal Amerika ini? Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Kedai Kopi Ini Pakai Nama Ukuran yang Tak Biasa

Rona gaya kopi
Timi Trieska Dara • 17 Oktober 2019 15:41
Jakarta: Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa Anda harus memesan tall, grande, atau venti, venti iced, atau bahkan trenta? Pada awalnya mungkin Anda bingung karena nama ukuran di kedai kopi ini tidak sama dengan kedai kopi pada umumnya.
 
Nuky Nursantia juga sempat mengatakan bahwa dirinya bingung jika tidak diberikan keterangan tentang ukuran yang umum digunakan.
 
"Kalau ke Starbucks pasti selalu tanya deh ke baristanya karena ukurannya enggak sama dengan penamaan dengan kedai lainnya?" papar ibu empat anak ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedai Kopi Ini Pakai Nama Ukuran yang Tak Biasa
(Mantan ketua dan CEO Starbucks Howard Schultz menginginkan nama-nama yang sangat Italia antara lain seperti macchiato, latte, dan grande dan kepincut dengan nama-nama itu yang masih dipakai hingga hari ini. Foto: Pexels.com)
 
Di Starbucks, sebuah perusahaan kopi dan jaringan kedai kopi global asal Amerika Serikat, dikenal menggunakan nama ukuran kopi yang tak biasa. Biasanya ukuran kopi yang standar antara lain small, medium, dan large. Tapi di sini berbeda.
 
Beberapa penamaannya antara lain Short (8 ounces), Tall (12 ounces), Grande (16 ounces), Venti (20 ounces), and Venti Iced (24 ounces), dan melaunching ukuran lainnya yaitu Trenta (31-ounce).
 
Teka-teki kopi umum ini mungkin termasuk di antara banyak "kebiasaan unik Starbucks yang tidak dapat dijelaskan," bersama dengan asal nama Starbucks yang mengejutkan. Serius, apa masalahnya dengan ukuran cangkir Starbucks yang tidak biasa ini?
 
Kedai Kopi Ini Pakai Nama Ukuran yang Tak Biasa
(Mantan ketua dan CEO Starbucks Howard Schultz menginginkan nama yang lebih eksotis dibandingkan dengan nama ukuran pada lainnya. Foto: Pexels.com)

Legenda penamaan yang unik

Legenda mengatakan bahwa mantan ketua dan CEO Starbucks Howard Schultz melakukan perjalanan ke Italia pada tahun 1983, di mana ia "terpikat oleh romansa bar kopi Italia," menurut situs laman resminya. Bahkan, ia memutuskan untuk meniru di Amerika Serikat dengan kedai kopinya sendiri, yang disebut Il Giornale.
 
Dengan tokonya, Schultz "ingin menyampaikan gambar yang berbeda, sesuatu yang jauh lebih eksotis daripada secangkir kopi sederhana," tulis penulis Karen Blumenthal dalam bukunya Grande Expectations.
 
Dan "karena toko dirancang dengan konsep bar kopi Italia, Schultz menginginkan nama yang berbeda" untuk minuman demi menghormati warisan itu. Maka istilah yang tidak konvensional (dan Italia sekali!) seperti macchiato, latte, dan grande.
 
Kedai Kopi Ini Pakai Nama Ukuran yang Tak Biasa
(Beberapa penamaan di kedai kopi asal Amerika ini antara lain Short (8 ounces), Tall (12 ounces), Grande (16 ounces), Venti (20 ounces), and Venti Iced (24 ounces), dan melaunching ukuran lainnya yaitu Trenta (31-ounce). Foto: Pexels.com)
 
Il Giornale akhirnya berkembang menjadi franchise yang dikenal sekarang yaitu Starbucks. Tetapi ceritanya tidak berakhir di situ. Pada tahun 90-an, menunya mencantumkan tiga ukuran minuman yaitu pendek, tinggi, dan besar.
 
Ukuran short pada dasarnya berkorelasi dengan ukuran yang kecil, tinggi adalah medium, dan grande adalah besar. Pengenalan ukuran short - menjadikannya baru soal kopi dengan ukuran yang lebih kecil - dan sekaligus menghapus ukuran pendek itu.
 
Namun, Anda masih dapat memesan ukuran "short" di sebagian besar lokasi kedai kopi dengan lambang perempuan berwujud setengah manusia dan setengah ikan itu hari ini.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif