Bagaimana membedakan matcha asli dan tiruan? Begini langkahnya. (Foto: Pexels.com)
Bagaimana membedakan matcha asli dan tiruan? Begini langkahnya. (Foto: Pexels.com)

Tips Bedakan Matcha Asli dan Tiruan

Rona kuliner matcha
Sunnaholomi Halakrispen • 20 Januari 2020 14:00
Jakarta: Matcha adalah teh hijau berbentuk bubuk yang dibuat dari menggiling teh hijau hingga halus seperti tepung. Matcha menjadi salah satu varian teh yang juga banyak penikmatnya.
 
Sebelum membeli matcha, ada baiknya mengetahui cara membedakan mana matcha asli dan mana yang tiruan.
 
"Banyak matcha ternyata bukan matcha. Satu yang pasti, kalau sangat murah sekali sudah pasti bukan matcha," ujar Pakar Teh dari Indonesia Tea Institute Ratna Soemantri dalam kegiatan National Matcha Day with Matchamu di Gedung Ariobimo Sentral, Jalan Rasuna Said Kuningan, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertama, apabila matcha latte dijual dengan harga Rp5 ribu, itu sudah pasti bukan matcha asli. Sebab, proses membuat matcha terbilang sangat complicated. Maka, tidak mungkin jika matcha dijual dengan harga yang sangat murah.
 
Kedua, bisa juga matcha yang dijual mahal ternyata bukan matcha asli. Ratna mengungkapkan bahwa hal tersebut kerap kali terjadi.
 
"Nah, yang dilihat selanjutnya itu adalah warna matcha yang alami itu hijau. Ada juga yang suka menambahkan pewarna di dalamnya," paparnya.
 
Tips Bedakan Matcha Asli dan Tiruan
(Matcha asli selain harumnya khas, juga punya rasa sedikit pahit namun tetap enak dinikmati baik dari bentuk minuman, makanan, hingga menjadi es krim. Foto: Pexels.com)

Matcha asli

Ia menjelaskan bahwa biasanya kalau pewarna jika dicampur dengan air maka warnanya akan langsung pisah atau warnanya terlihat tidak menyatu.
 
Bisa juga warnanya terlihat hijau agak kuning kecoklatan. Sebab, pewarna tersebut merupakan pewarna tambahan.
 
"Kalau matcha karena memang dari daun dia tetap warna hijaunya menyatu," pungkasnya.

Aroma matcha

Tips selanjutnya, perhatikan dari aroma matcha tersebut. Banyak yang menyatakan matcha tapi sebetulnya bukan, atau lebih tepatnya terbuat dari green tea powder yang kemudian diberikan pewarna hijau dan ditambah aroma.
 
"Karena kalau matcha itu punya aroma khas yang enggak bisa didapat dari yang lain. Jadi wanginya seperti wangi daun tali ada satu yang khas, creamy wangi gitu. Pas dirasa matcha tidak hanya pahit di mulut," tuturnya.
 
Matcha sendiri merupakan minuman tradisional asal Jepang. Dahulu, minuman ini disajikan dalam upacara minum teh di kalangan para bangsawan. Kini matcha bisa diolah bukan hanya sebagai minuman tapi juga makanan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif