Pemandangan indah yang bisa dilihat pendaki di Gunung Prau. (Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)
Pemandangan indah yang bisa dilihat pendaki di Gunung Prau. (Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Memandang Gunung dari Pintu Tenda di Prau

Rona wisata wisata jawa tengah
Arthurio Oktavianus Arthadiputra • 15 Desember 2019 10:22
Dieng: Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang tak kalah menakjubkan dengan negara lain. Bagi pecinta gunung, satu tempat menakjubkan dan harus didatangi adalah Gunung Prau, yang terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah.
 
Dari Yogyakarta, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor atau naik angkutan umum. Rute angkutan umum dari Yogyakarta: Terminal di Yogyakarta-Terminal Tidar Magelang-Terminal Mendolo Wonosobo. Lalu, naik angkutan umum yang akan mengantarkan pendaki ke desa basecamp pendakian.
 
Memiliki ketinggian 2565 mdpl, Gunung Prau mempunyai empat jalur pendakian yang bisa dipilih para pendaki. Yakni: jalur Wates, Kalilembu, Patak Banteng dan Dieng Kulon. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi pendaki pemula, disarankan untuk melewati jalur Kalilembu. Sedangkan bagi para pendaki yang sudah terbiasa melewati jalur yang ekstrem, bisa memilih melewati tiga jalur lainnya, yang cukup menguras tenaga dengan jalan penuh tanjakan.
 
Memandang Gunung dari Pintu Tenda di Prau
(Pemandangan berupa perkebunan dan rumah-rumah penduduk menjadi pemandangan lain yang bisa dilihat saat menyusuri jalur Gunung Prau. Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

Jalur landai

Bila ingin menghemat waktu dan tenaga dari gerbang desa ke basecamp yang mendaki dan berliku, pendaki bisa naik ojek motor yang dikemudikan penduduk lokal. Setelah melapor, mengisi form dan membayar biaya retribusi, pendaki akan dibagikan peta jalur pendakian.
 
Mendaki ke puncak Gunung Prau melalui jalur Kalilembu bisa ditempuh dengan waktu sekitar dua jam. Dari basecamp Kalilembu menuju Pos Satu, para pendaki melewati perkebunan penduduk dan jejeran hutan pinus.
 
Jalur pendakian bisa dikatakan sangat landai. Jalan mendaki hanya ditemukan di beberapa titik, seperti seperempat perjalanan dari perkebunan penduduk ke Pos Satu, jalan saat mendekati Pos Dua dan saat masuk ke puncak.

Lima gunung

Pemandangan indah yang bisa dilihat pendaki di Gunung Prau adalah jajaran acak lima gunung yang terlihat seperti menopang satu sama lain. Terlebih, saat gunung-gunung tersebut diselimuti kabut tipis di pagi hari.
 
Gunung tersebut adalah Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu dan Lawu. Keindahan memandang gagahnya gunung bahkan bisa dilihat dari pintu tenda.
 
Memandang Gunung dari Pintu Tenda di Prau
(Pendaki membelah dinginnya udara di Gunung Prau untuk mencari spot foto yang bagus.
Foto: Dok. Arthurio Oktavianus)

 
Pendaki asal Belanda, Lennart, mengatakan bahwa apa yang dilihatnya di Gunung Prau sangatlah indah. Mahasiswa yang sedang menghabiskan liburannya di Indonesia ini merasa sangat beruntung bisa melihat pesona yang ada di Gunung Prau secara langsung.
 
“Saya baru mengunjungi Gunung Bromo yang sangat menawan. Bagi saya, Gunung Prau juga tak kalah menawan dengan Bromo, dengan keindahan tersendiri,” katanya beberapa waktu lalu.
 
Joni, pendaki asal Ambon, juga sangat mengagumi pesona Gunung Prau. Memiliki jalur pendakian yang pendek dibandingkan beberapa gunung lain di Pulau Jawa yang pernah dijelajahinya, Gunung Prau menjadi rekomendasi yang harus dikunjungi oleh para pecinta gunung. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif