Festival of Light menjadi daya tarik monas saat matahari terbenam (Foto: Dok UPT)
Festival of Light menjadi daya tarik monas saat matahari terbenam (Foto: Dok UPT)

Festival of Light, Gempita Perayaan HUT RI di Monas Week

Rona monas hut ri
A. Firdaus • 15 Agustus 2019 20:50
Dalam rangkaian Monas Week, terdapat Pameran Lampu “Festival Of Light”, yang bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi masyarakat kota Jakarta pada taman kota yang berada di Kawasan Monas.
 
Jakarta: Monumen Nasional (Monas) sebagai jantung destinasi wisata di Jakarta, menjadi magnet bagi para pengunjung untuk melepas kepenatan. Dan pada momen Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia ini, Monas tak ketinggalan untuk ikut merayakannya.
 
Pada tahun ini, Monas bakal menyajikan Festival of Light, yang merupakan rangkaian dari program tahunan, Monas Week. Festival of Light ini menampilkan atraksi lampu-lampu warna warni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mayoritas lampu-lampu warna-warni ini mempunyai tema sendiri, yang diangkat dari diaroma Museum Sejarah di Monas. Seperti kapal perang yang digunakan pada era Majapahit dan masih banyak lagi.
 
"Temanya sesuai dengan apa yang ada di dalam museum Monas sendiri, yaitu diorama. Diorama itu kan banyak ceritanya, jadi cerita itu kami tuangkan di area luar," ujar Munjirin, Kepala UPT Monas.
 
Festival of Light, Gempita Perayaan HUT RI di Monas Week
 
Pameran lampu di Kawasan Monas tahun ini akan berlangsung mulai hari ini hingga 23 Agustus 2019 pada pukul 18.30 WIB hingga 21.30 WIB. Tempatnya di area Taman Selatan.
 
"Untuk pengunjung, enggak usah khawatir jika ada diorama yang terletak di rumput. Sebab pengunjung bisa selfie dengan instalasi lampu yang terletak di rumput. Jadi tak masalah. Sedangkan untuk perahu bisa dinaikin tapi harus dilihat kapasitasnya," sambung Munjirin.
 
Festival of Light, Gempita Perayaan HUT RI di Monas Week
 
Memang, konsep Monas yang awalnya garden sekarang sudah menjadi park. Dalam artian, semua area Monas bisa diakses oleh pengunjung. Termasuk taman dan rumputnya. Sebab kekuatan rumput di Monas sekarang sudah bagus. Jadi aman untuk diakses atau diinjak oleh pengunjung.
 
Festival of Light, Gempita Perayaan HUT RI di Monas Week
 
"Semua konsep diorama hasil kreasi UPK Monas. Dan, selain ingin menyemarakkan perayaan kemerdekaan RI, kami bertujuan agar menarik setiap warga dan para wisatawan untuk datang ke Monas, serta mengapresiasi kawasan cagar budaya Monumen Nasional," tutup Munjirin.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif