Liburan sendiri bisa terasa tak seberat yang Anda bayangkan, bila Anda melakukan persiapan. (Foto: Ilustrasi Pexels)
Liburan sendiri bisa terasa tak seberat yang Anda bayangkan, bila Anda melakukan persiapan. (Foto: Ilustrasi Pexels)

Sendirian saat Liburan Bisa Tingkatkan Depresi dan Kecemasan

Rona liburan
Kumara Anggita • 17 Desember 2019 13:00
Jakarta: Ketika merantau ke suatu daerah, Anda jadi punya hambatan untuk berlibur dengan keluarga tercinta. Hal ini tentunya menyedihkan dan bahkan menurut penelitian bisa buat Anda depresi dan cemas.
 
Melansir Bustle, Dr. Rebecca Cowan, dari Anchor Counseling & Wellness menyebutkan bahwa dari perspektif kesehatan mental, menyendiri selama liburan dapat menyebabkan peningkatan depresi dan kecemasan. Dalam hal ini, bila transisi kehidupan terasa begitu tidak nyaman, bahkan buat Anda cemas dan depresi, maka Anda perlu pergi ke terapis.
 
"Transisi kehidupan, apakah positif atau negatif, sering memerlukan waktu untuk membiasakan diri, dan ini membutuhkan waktu," kata Cowan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bila hal ini terjadi pada Anda, usahakan untuk terus berhubungan dengan orang lain saat liburan bahkan walaupun itu orang asing. Pikirkan untuk mengikuti kelas, ikut pertemuan, atau sekadar makan dengan teman.
 
Cowan juga mengatakan bahwa biasanya ada banyak peluang sukarela selama musim liburan.  Dan, ini adalah cara lain untuk bertemu orang lain dan memberikan kembali kepada masyarakat, yang penelitiannya menunjukkan peningkatan perasaan positif.
 
Anda bisa merencanakan liburan dari sekarang, karena kebanyakan orang justru tidak mau memikirkan itu.
 
"Kadang-kadang karena kita takut akan kesepian, kita menghindari memikirkan hari itu sampai hari itu tiba. Ini berarti kita belum membuat rencana atau meminta bantuan dari teman,” ujar Psikolog Dr. Snehal Kumar, PhD.
 
Kumar menganjurkan agar Anda mulai berpikir tentang bagaimana Anda mungkin ingin menghabiskan liburan ketika Anda berada di tempat yang baru. Lakukan brainstorming ide-ide dan cari peluang.
 
Liburan sendiri bisa terasa tak seberat yang Anda bayangkan, bila Anda melakukan persiapan. Nikmatilah liburan ini dengan penuh perasaan positif.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif