Ketika masa menyusui, para ibu suka menyimpan ASI-nya di dalam kulkas dan akan memberikan ASI tersebut ketika bayi mulai lapar. (Ilustrasi. Foto: Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma)
Ketika masa menyusui, para ibu suka menyimpan ASI-nya di dalam kulkas dan akan memberikan ASI tersebut ketika bayi mulai lapar. (Ilustrasi. Foto: Medcom.id/K. Yudha Wirakusuma)

Cara Menggunakan ASIP yang Telah Didinginkan untuk Bayi?

Rona air susu ibu susu
Kumara Anggita • 13 Mei 2020 14:04
Jakarta: Ketika masa menyusui, para ibu suka menyimpan ASI-nya di dalam kulkas dan akan memberikan ASI tersebut ketika bayi mulai lapar. Beberapa ibu mungkin bingung memberikannya bagaimana.
 
Untuk itu, dr Riza Sulfianna dokter dan konselor menyusui di Orami, membagikan arahan cara menggunakan ASIP yang telah didinginkan untuk bayi. Berikut penjelasannya:
 
Menurutnya, ASI yang dari kulkas ini harus dipanaskan terlebih dahulu ketika Anda mau memberikannya pada bayi yang baru lahir. Caranya adalah:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- ASI yang di freezer diturunkan dulu ke kulkas bawah kira-kira 8 jam sebelum diminum, agar cair dulu. 
- Setelah mencair, botol atau kantong asip direndamkan dalam wadah yang berisi air panas selama 20 menit, biasanya kantong asip dan botol asip dari plastik lebih cepat hangat. 
- Jangan panaskan asip di microwave atau langsung merebusnya, karena bisa menghasilkan titik panas yang merusak antibodi di dalam asi. 
- Sebelum berikan bayi, rasakan suhu asip dengan meneteskan sedikit asip di pergelangan tangan.
 
“Cara lain mencairkan asip yang beku yaitu bisa juga dengan mengalirkan botol asip dibawah air mengalir sampai asip mencair dan tercapai suhu ruang, dihangatkan bisa dengan cara diatas atau dihangatkan dalam pemanas botol asip,” tulisnya. 
 
Sementara untuk bayi yang umurnya sudah lebih dari satu bulan, Anda boleh memberikannya dalam keadaan tidak dihangatkan. ”Pemberian ASI perah boleh di suhu dingin, suhu ruang atau dihangatkan, tergantung selera bayi,” tulisnya. 
 
Itulah cara memberikan ASI yang ada di kulkas Anda pada bayi dengan cara yang benar. Cara ini akan memberikan hasil yang optimal.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif