Manfaat Jamur untuk Mencegah Penuaan
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa jamur memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi yang dianggap sangat bermanfaat untuk anti penuaan dan meningkatkan kesehatan tubuh. (Foto: Christine Siracusa/Unsplash.com)
Jakarta: Mempertahankan pola makan yang seimbang merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga agar tubuh Anda tetap sehat.

Salah satunya adalah dengan menambahkan buah dan sayuran pada makanan Anda. Terutama yang mengandung antioksidan tinggi jika Anda ingin mendapatkan kulit yang selalu sehat.

Dikutip dari Reader's Digest, menurut penelitian yang dilakukan oleh Penn State University Anda harus rutin mengonsumsi jamur untuk memperlambat proses penuaan. 


Sebuah penelitian baru menemukan bahwa jamur memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi yang dianggap sangat bermanfaat untuk anti penuaan dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam Food Chemistry, menganalisis tingkat ergothioneine (ERGO) dan glutathione (GSH) pada 13 varietas jamur yang berbeda-beda dan menemukan bahwa tingkat ERGO dan GSH pada jamur secara eksponensial lebih tinggi daripada sayuran lainnya. Selain itu, jamur juga memiliki manfaat untuk mencegah penuaan.


(Sebuah penelitian baru menemukan bahwa jamur memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi yang dianggap sangat bermanfaat untuk anti penuaan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Foto: /Unsplash.com)

(Baca juga: Jamur, Superfood bagi Kulit)

Antioksidan sendiri membantu sel-sel Anda melawan stres oksidatif, yaitu suatu bentuk kerusakan jaringan yang dapat menyebabkan sel-sel Anda menjadi rusak dan tidak stabil, yang pada gilirannya akan menyebabkan tubuh menua. Stres oksidatif juga memainkan peran penting dalam kemungkinan tubuh untuk mengembangkan Alzheimer, kanker, dan penyakit jantung.

"Jamur sendiri memiliki jumlah ERGO dan GSH yang tertinggi, sejauh ini pada rantai makanan manusia," ujar penulis studi tersebut, Robert Beelman Ph.D. 

"Banyak makanan yang juga mengandung ERGO namun dalam jumlah yang sangat kecil, dan biasanya mereka mendapatkan itu karena menyerapnya dari jamur yang ada di tanah. Jumlah ERGO yang disarankan yang harus Anda konsumsi setiap hari adalah sekitar 3 miligram, atau sekitar lima jamur kancing, kurang lebih segenggam," menurut Beelman.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id