Wortel tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. (Ilustrasi/Pexels)
Wortel tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. (Ilustrasi/Pexels)

Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Wortel

Rona mata
Raka Lestari • 14 Februari 2020 14:02
Jakarta: Wortel biasanya identik dengan manfaat bagi kesehatan mata. Wortel juga sangat mudah ditemukan kapan saja karena pada umumnya produksi wortel tidak bergantung pada musim-musim tertentu. Namun ternyata, wortel tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mata tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
 
Dilansir dari The Healthy, berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi wortel:
 
Menjaga penglihatan Anda tetap tajam

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wortel tidak akan menyembuhkan masalah penglihatan yang sudah ada sebelumnya, tetapi mereka dapat melindungi terhadap masalah penglihatan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin A. Tubuh mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, kata Hans Fisher, PhD, seorang profesor emeritus biokimia gizi dari Rutgers University. Wortel bisa  mencegah katarak dan degenerasi makula, serta rabun senja.
 
Mencegah demensia
 
Para peneliti di Jerman menemukan bahwa para partisipan dari studi tersebut yang mengalami demensia ringan dilaporkan memiliki jumlah vitamin C dan beta karoten dalam jumlah yang lebih rendah secara signifikan. Dari hasil tersebut para peneliti menyimpulkan bahwa perubahan diet dengan meningkatkan konsumsi wortel dapat mencegah terjadinya demensia.
 
Mendukung kesehatan tulang 
 
Wortel juga mengandung sejumlah kecil nutrisi penting lainnya seperti vitamin C (6 miligram per 1 gelas saji dalam keadaan matang) dan kalsium (47 miligram per 1 gelas saji dalam keadaan matang). Banyak orang, terutama wanita pasca-menopause, tidak mendapatkan cukup kalsium sehingga Fisher menyarankan untuk mengonsumsi wortel untuk membantu mendukung kesehatan tulang.
 
Mengurangi risiko kanker 
 
Menurut sebuah studi yang terdapat di American Journal of Cancer Research menemukan bahwa alphacarotene dan bioflavonoid dalam wortel telah dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih rendah, terutama kanker paru-paru. Akan tetapi, meskipun wortel berkaitan dengan berkurangnya risiko kanker paru kebiasaan merokok tetap memiliki pengaruh yang cukup besar.
 
Menurunkan kolesterol 
 
Menurut sebuah studi yang terdapat di European Journal of Nutrition menemukan bahwa wortel mengandung serat yang larut dalam air dan sejumlah besar pektin yang membuat konsumsi wortel dapat menurunkan tingkat kolesterol yang ada dalam tubuh Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif