Menghentikan asupan kopi secara tiba-tiba dari biasanya dapat memicu beberapa gejala. Berikut informasi selengkapnya. (Foto: Pexels.com)
Menghentikan asupan kopi secara tiba-tiba dari biasanya dapat memicu beberapa gejala. Berikut informasi selengkapnya. (Foto: Pexels.com)

Cara Menghentikan Kebiasaan Minum Kafein Berlebihan

Rona kafein
Raka Lestari • 21 Januari 2020 17:07
Jakarta: Ada banyak orang yang mungkin tidak bisa memulai aktivitasnya tanpa mengonsumsi kopi terlebih dahulu. Selain karena hal terebut merupakan kebiasaan sehari-hari, minum kopi setiap pagi sebelum beraktivitas juga mungkin bisa membuat seseorang lebih bersemangat dan lebih segar. Namun tentunya sesuatu yang berlebihan tidaklah baik.
 
“Kafein adalah obat. Seperti banyak obat, itu membuat ketagihan. Ia memiliki kekuatan untuk mengubah bahan kimia otak Anda, terutama dopamin, yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi,” jelas Robert Graham, MD, salah satu pendiri FRESH Med, sebuah praktik kesehatan integratif di New York.
 
Dan berikut ini adalah saran dar Dr Graham untuk menghilangkan kebiasaan tersebut seperti dilansir dari tulisan Elizabeth Gulino, "How To Quit Caffeine Without Withdrawals, According To A Doctor," dalam laman Refinery29 seperti berikut ini:

1. Jangan langsung menghentikan asupan kafein

Jika Anda merupakan peminum kopi yang cukup berat, menghentikan secara langsung dapat memiliki efek pada tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menghentikan asupan kopi secara tiba-tiba dari biasanya dapat memicu beberapa gejala seperti sakit kepala, lemas, mudah marah, kurang fokus," kata Dr Graham. Beberapa orang bahkan merasa seperti terserang flu.

2. Lakukan secara perlahan

Menurut Dr Graham, secara umum durasi yang diperlukan untuk menghentikan asupan kafein pada tubuh adalah sekitar empat minggu.
 
Jika Anda biasanya minum tiga cangkir atau lebih kopi setiap harinya, cobalah untuk menguranginya menjadi dua cangkir pada minggu pertama, kemudian sedikit demi sedikit dikurangi pada minggu berikutnya. Dan ketika sudah terbiasa, maka tubuh Anda akan bisa menghentikan asupan kafein secara keseluruhan.

3. Beralih kepada teh

Dr Graham menyarankan untuk menggantikan asupan kopi dengan teh, yang bisa dimulai dengan teh favorit Anda.
 
Berbagai jenis teh, terutama jenis teh herbal mengandung kafein yang lebih sedikit atau bahkan ada jugayang tidak mengandung kafein. Menjadikannya cara ini sebagai langkah tepat untuk menghilangkan kebiasaan minum kopi.

4. Berolahraga di pagi hari

Salah satu alasan utama orang suka mengonsumsi kafein adalah untuk meningkatkan energi. Akan tetapi, selain minum kopi bisa dengan memilih olahraga di pagi hari. Cobalah untuk bergerak, entah itu dengan berlari, berjalan santai, atau melakukan yoga untuk meningkatkan hormon dopamin Anda.

5. Tidur yang cukup

Ketika sedang dalam masa penghentian asupan kafein, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup. Dr Graham menyarankan untuk tidur lebih awal untuk memastikan Anda tidur sekitar tujuh hingga delapan jam setiap malam.
 

 

(TIN)
TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif