Ilustrasi olahraga lari. Medcom.id
Ilustrasi olahraga lari. Medcom.id

Hati-Hati Pakai Masker saat Lari

Rona Virus Korona tips berolahraga virus corona
Kautsar Widya Prabowo • 07 Juni 2020 15:19
Jakarta: Masyarakat yang ingin berolahraga lari untuk menjaga kesehatan saat pandemi diimbau hati-hati menggunakan masker. Penggunaan masker dikhawatirkan dapat memicu hipoksia atau kurangnya pasokan oksigen ke dalam tubuh.
 
"Ketika hidung dan mulut kita tertutup, sedangkan saat lari kita butuh oksigen dua kali lipat. Ini bisa celaka," ujar salah satu pegiat olah raga lari, Melanie Putria Dewita Sari, dalam diskusi virtual Aman, Produktif, Adaptif, dan Sporty pada Minggu, 7 Juni 2020.
 
Puteri Indonesia 2002 itu menyebut regulasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memberi pengecualian penggunaan masker saat berolahraga. Namun, masker harus tetap dipakai setelah berlari atau berpapasan dengan orang saat berolahraga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika selesai berlari, berpapasan dengan orang, melawati kerumunan orang, masker harus dipakai," jelasnya.
 
PSBB membuat perubahan yang signifikan dalam dunia olahraga. Termasuk lari yang dapat dilakukan di rumah dengan bantuan virtual.
 
"Di rumah kita bisa virtual lari dengan treadmill. Ada teman yang menggunakan teknologi virtual dengan mendokumentasikan jalanan Menteng, seolah-olah kita berlari di sana," tuturnya.
 
Pandemi covid-19 bukan alasan untuk tidak menjaga stamina dan kesehatan dengan berolahraga. Media virtual dapat membatu olahraga di rumah, dari yang ringan sampai berat.
 
(SUR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif