Sambil berjalan, coba pertahankan postur tubuh Anda dan menjaga kecepatan berjalan tetap stabil. (Foto Ilustrasi: Raychan/Unsplash.com)
Sambil berjalan, coba pertahankan postur tubuh Anda dan menjaga kecepatan berjalan tetap stabil. (Foto Ilustrasi: Raychan/Unsplash.com)

Agar Berjalan Kaki Bermanfaat buat Tubuh

Rona jalan sehat
Dhaifurrakhman Abas • 25 Maret 2019 07:07
Jakarta: Berjalan tentu bukan cara tercepat untuk menurunkan berat badan. Tetapi jika Anda terjebak dalam rutinitas yang super sibuk, aktivitas ini bisa jadi olahraga yang sesuai buat Anda.
 
Soalnya berjalan kaki tidak akan membuat Anda repot-repot buat pergi ke ke gym. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Misalnya berjalan kaki dari rumah ke lokasi kerja.
 
Meski begitu, berjalan kaki tak boleh dilakukan sembarang saja. Alias ada aturannya. Jika dilakukan dengan jarak terlampau sedikit, berjalan kaki tidak akan membantu mengurangi lemak jahat pada tubuh Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara jika dilakukan terlalu sering dan dengan jarak jauh juga ada dampak buruknya. Bisa membuat otot menjadi tegang dan badan menjadi pegal-pegal.
 
Lantas, bagaimana takaran jalan kaki yang paling baik dilakukan? Melansir Times of India, agar berjalan kaki bisa berdampak efektif buat menurunkan berat badan, dibutuhkan konsistensi.
 
Orang dewasa yang mencoba mengurangi berat badan harus berjalan setidaknya 300 menit per pekan. Artinya Anda bisa mulai mencoba berjalan kaki satu jam setiap hari. Lakukan rutinitas tersebut lima kali dalam seminggu.

Baca juga: Mampu Mengendalikan Diri Bikin Anda Awet Muda

Selain itu, Anda juga dianjurkan melakukan jalan cepat. Usahakan menempuh jarak 1,5 kilometer dalam 15 hingga 20 menit. Anda bisa menambah latihan ini setelah rutinitas berjalan kaki kelar dilakukan.
 
Sambil berjalan, coba pertahankan postur tubuh Anda dan menjaga kecepatan berjalan tetap stabil. Agar tak bosan, coba ajak rekan kerja untuk ikut berjalan kaki Bersama. Dengan begitu Anda beserta rekan kerja bisa meningkatkan detak jantung yang dapat berdampak pada pengontrolan tekanan darah serta peningkatan kolesterol baik dan sirkulasi darah.
 
Selain itu, berjalan kaki dilakukan di bawah sinar matahari, mampu mendorong tubuh untuk menghasilkan vitamin D3, yang digunakan untuk penyerapan kalsium yang efektif dalam tubuh. Kebiasaan jalan kaki tiap hari juga mencegah cairan dalam sendi mengering sehingga menjauhkan kita dari arthritis.
 
Bukan hanya itu. Menurut berbagai penelitian, berjalan setiap hari dengan pola makan sehat meningkatkan harapan hidup setidaknya lima hingga tujuh tahun.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif