Stres memainkan peran penting yang bisa menyebabkan seseorang kehilangan kendali atas diri mereka. (Foto Ilustrasi: Bruce Mars/Pexels)
Stres memainkan peran penting yang bisa menyebabkan seseorang kehilangan kendali atas diri mereka. (Foto Ilustrasi: Bruce Mars/Pexels)

Mampu Mengendalikan Diri Bikin Anda Awet Muda

Rona tips kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 24 Maret 2019 11:07
Mengendalikan diri mampu membuat Anda terlihat awet muda. Untuk itu Anda harus mempertahankan otonomi kehidupan Anda. Sebab itu benar-benar memengaruhi kesejahteraan Anda dalam menjalani hidup.
 
Jakarta: Tentu setiap orang harus memiliki kendali atas kehidupan yang dijalani. Sebab itu merupakan salah satu defenisi dari kebebasan dan kemerdekaan.
 
Bukan hanya itu, memiliki kendali atas diri juga menentukan jiwa muda dan fisik seseorang. Hal itu diungkapkan melalui sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Gerontology: Psychological Sciences.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam studi disebutkan, semakin tinggi seseorang punya kendali atas kehidupan mereka, semakin muda pula seseorang akan terlihat.
 
"Semakin banyak orang dewasa yang lebih terkontrol berpikir mereka miliki, semakin muda perasaan dan jiwa mereka," kata Shevaun Neupert, salah satu penulis studi dari North Carolina State University di AS.
 
Selain itu, Neupert bilang, seseorang bisa berjiwa dan awet muda jika dia terlepas dari kondisi stres dan masalah kesehatan. Sebab, stres memainkan peran penting yang bisa menyebabkan seseorang kehilangan kendali atas diri mereka.
 
"Ketika orang dewasa merasa lebih memegang kendali, mereka juga merasa lebih muda. Itu benar bahkan ketika memperhitungkan stres dan kesehatan fisik," ujar Neupert.

Baca juga: Ancaman Peningkatan Serangan Jantung pada Perempuan Muda

Dalam studi ini, Neupert beserta tim peneliti memeriksa hubungan kendali diri dengan peremajaan dari dua kelompok responden. Kelompok pertama terdiri dari 116 orang responden berusia 60-90 tahun. Sementara kelompok kedua terdiri atas 107 dewasa muda berusia 18-36 tahun.
 
Para responden lantas diminta untuk mengisi lembar survei harian selama delapan hari berturut-turut. Dalam survei, para responden ditanyai pertanyaan yang bertujuan menilai tekanan apa saja yang dirasakan setiap hari, kesehatan fisik, rasa kontrol atas kehidupan sehari-hari dan berapa umur mereka.
 
Hasilnya, kontrol atau kendali seseorang bisa berfluktuasi dari hari ke hari, atau bahkan mengalami perubahan dalam sehari. Meski begitu, hal itu wajar terjadi.
 
Meski demikian, stres dan perubahan buruk yang terjadi secara menerus bisa memperburuk kondisi kesehatan seseorang. Mereka akan cenderung merasa lebih tua.
 
"Untuk itu, Anda harus mempertahankan otonomi kehidupan Anda. Sebab itu benar-benar memengaruhi kesejahteraan Anda dalam menjalani hidup,” tandasnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif