Apakah Puting Payudara yang Masuk ke Dalam Dianggap Normal?

Raka Lestari 02 November 2018 16:31 WIB
kesehatan
Apakah Puting Payudara yang Masuk ke Dalam Dianggap Normal?
Periksakan diri ke dokter jika puting payudara Anda secara tiba-tiba masuk ke dalam. (Foto: Thu Anh/Unsplash.com)
Jakarta: Bagian payudara mungkin menjadi perhatian tersendiri, terutama bagi wanita. Bentuk payudara yang berbeda dari kebanyakan wanita pada umumnya juga terkadang membuat para wanita menjadi khawatir apakah kondisi payudara mereka dianggap normal atau tidak. 

Salah satu masalah yang mungkin sering menjadi pemikiran bagi para wanita adalah puting payudara yang masuk ke dalam.

Kurang dari 5 persen orang dilahirkan dengan puting terbalik, kata Stephanie Downs-Canner, M.D., asisten profesor bedah payudara onkologi di University of North Carolina. 


Ini bisa terjadi ketika duktus lactiferous di puting Anda, yaitu bagian yang bertanggung jawab menyalurkan ASI ke bayi pendek dan tidak berkembang dengan sempurna sehingga putingnya masuk kembali ke dalam payudara. 

Dalam kasus ini, arah puting belum tentu menunjukkan apa pun, kata Downs-Canner. Namun, jika puting Anda secara tiba-tiba masuk ke dalam, itu mungkin ada pertanda lain yang perlu Anda perhatikan. 

Jika puting Anda pada dasarnya masuk ke dalam, tidak perlu khawatir bahwa payudara Anda tidak normal. Menurut Downs-Canne, jika puting Anda tiba-tiba masuk ke dalam padahal biasanya tidak, itu bisa menjadi salah satu pertanda kanker. 

(Baca juga: Fakta Tentang Puting Payudara yang Wajib Diketahui Wanita)


(Jika puting Anda pada dasarnya masuk ke dalam, tidak perlu khawatir bahwa payudara Anda tidak normal. Foto: Rheinaldo Kevin/Unsplash.com)

Untuk itu, ia menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter jika puting payudara Anda secara tiba-tiba masuk ke dalam.

Tetapi bukan hanya kanker, puting payudara yang masuk ke dalam secara tiba-tiba juga bisa karena beberapa hal lain. 

"Beberapa wanita bisa saja mengalami puting yang masuk ke dalam jika mereka memiliki banyak infeksi di payudara mereka," kata Downs-Canner. 

Mastitis atau peradangan pada jaringan payudara, terutama disebabkan oleh menyusui adalah contoh dari salah satu infeksi yang dapat menyebabkan puting retraksi, kata Downs-Canner.

Atau bisa juga karena Anda mengalami ectasia. "Ini terjadi ketika saluran payudara menjadi sering tersumbat atau tersumbat," kata Downs-Canner. Anda bisa mengalami kondisi di mana saluran susu yang tersumbat bahkan jika Anda tidak menyusui. "Ini bisa terjadi pada siapa pun." 

Bergantung pada penyebabnya, puting Anda mungkin akan keluar lagi. Setelah perawatan untuk infeksi payudara, misalnya, ada kemungkinan puting Anda akan kembali ke bentuk asli mereka, tutup Downs-Canner.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id