Untuk mencegah ruam popok, ketahui beberapa jenis ruam seperti berikut ini. (Foto: Pexels.com)
Untuk mencegah ruam popok, ketahui beberapa jenis ruam seperti berikut ini. (Foto: Pexels.com)

Jenis Ruam Popok

Rona perkembangan anak
Anda Nurlaila • 24 Mei 2019 19:27
Ada tiga jenis ruam popok pada bayi. Ruam popok ringan terlihat merah dan hampir mengilap. Ruam popok jamur terlihat mirip dengan ruam popok normal, tetapi warnanya merah dan bersisik, serta sedikit terkelupas. Ruam popok bakteri si kecil akan merasa rewel, serta memiliki ruam yang berkerak kuning.
 

 
Jakarta: Ruam popok dapat menyebabkan anak rewel dan menjadikan orang tua khawatir. Kulit bayi yang lembut dan tipis membuatnya sangat mudah teriritasi dan menyebabkan ruam akibat penggunaan popok seharian.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kulit bayi 30 persen lebih tipis dari kulit dewasa. Sehingga kulit bayi sangat sensitif terhadap apa pun yang bersentuhan dengannya. "Dikombinasikan dengan mengenakan popok, tidak heran bayi dapat mengalami ruam dan sakit," jelas dokter kulit Cairine Wilkinson.
 
Untuk mencegah ruam popok, ketahui beberapa jenis ruam dan cara pengobatannya seperti dikutip dari Mother and Baby:

1. Ruam popok ringan

Ruam popok ini terlihat merah, dan hampir mengilap. Bayi tidak akan tampak berbeda dari biasanya. Ganti popoknya lebih sering dari biasanya, jaga agar pantatnya bersih dengan mengoleskan air hangat dan kapas dengan lembut daripada menggosoknya.
 
Biarkan kulitnya kering sepenuhnya sebelum mengoleskan krim emolien atau antibakteri, dan ruam akan hilang dalam dua hingga tiga hari.
 
Jenis Ruam Popok
(Ada tiga jenis ruam popok pada bayi yang bisa Anda ketahui, ruam popok ringan, ruam popok jamur, dan ruam popok bakteri. Foto: Pexels.com)

2. Ruam popok jamur

Ruam popok yang sulit sembuh dengan perawatan biasa mungkin adalah ruam popok akibat jamur. Tempat yang hangat dan basah seperti di dalam popok, menyediakan lingkungan yang sempurna untuk ragi yang disebut candida untuk tumbuh.
 
Ruam jamur terlihat mirip dengan ruam popok normal, tetapi warnanya merah dan bersisik, serta sedikit terkelupas. Dokter mungkin merekomendasikan krim antijamur atau kortikosteroid ringan.

3. Ruam popok bakteri

Jika si kecil merasa tidak nyaman dan sering rewel, serta memiliki ruam yang berkerak kuning, ia mungkin memiliki ruam popok bakteri. "Ini berkembang ketika kulit terluka saat mengalami ruam popok ringan. Bakteri memasuki kulit, yang mengarah ke infeksi," kata Cairine. Buat janji untuk bertemu dokter.
 
Bawa anak Anda ke dokter spesialis anak ke Rumah Sakit Royal Taruma, Rumah Sakit Pondok Indah, atau Rumah Sakit Grha Permata Ibu. Atau kunjungi rumah sakit dan pusat pelayanan kesahatan lainnya di dekat rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif