Jika Anda tidak terlalu suka memotong rambut dan ingin agar rambut tetap panjang, bisa memilih untuk melakukan trim pada rambut Anda. (Foto: Pixabay)
Jika Anda tidak terlalu suka memotong rambut dan ingin agar rambut tetap panjang, bisa memilih untuk melakukan trim pada rambut Anda. (Foto: Pixabay)

Tips agar Rambut Tidak Kering dan Rapuh

Rona tips & trik
Raka Lestari • 17 September 2019 08:05
Jakarta: Styling yang berlebihan pada rambut dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Selain itu, penggunaan produk perlindungan rambut yang tidak konsisten juga bisa menambah efek buruk styling pada rambut Anda.
 
Meskipun memang, rambut yang kering dan rapuh tidak hanya berasal dari penggunaan alat-alat untuk styling rambut, itu bisa juga terjadi karena berenang di kolam renang, berjemur terlalu lama, mencuci rambut terlalu sering, dan asupan nutrisi yang buruk.
 
Mark Townsend, seorang hair stylist ternama asal Amerika Serikat memberikan beberapa tips untuk merawat rambut yang kering dan rapuh:

-Gunakan kondisioner dan masker rambut

Keramas berfungsi bukan hanya untuk menghilangkan semua kotoran dan debu, tetapi Anda juga menghilangkan semua kelembapan rambut Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang mengejutkan adalah ada banyak orang yang tidak menggunakan kondisioner karena mereka takut rambutnya akan menipiskan rambut," kata Townsend.
 
Untuk itu, ia merekomendasikan kondisioner yang mengandung minyak dari kacang-kacangan seperti kelapa, almond, atau macadamia. Sebab kaya akan lemak dan asam lemak yang benar-benar dapat membantu membangun kembali rambut Anda.

-Konsumsi makanan sehat dan vitamin

Diet sehat memberi manfaat bagi seluruh tubuh Anda, dan rambut Anda tanpa terkecuali. Diet juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.
 
"Ketika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, itu dapat terlihat di rambut Anda," kata Townsend.
 
Elizabeth Cunnane Phillips, ahli kesehatan kulit kepala dan rambut di Philip Kingsley New York Trichological Clinic mengatakan kalau rambut terdiri dari protein yang disebut keratin. Untuk itu protein adalah kunci.
 
Anda bisa memilih kacang lentil, telur dan unggas. Salmon, trout, dan sarden juga kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin D yang meningkatkan kesehatan kulit kepala.

-Lindungi rambut Anda

Langkah lain yang mudah diterapkan adalah menggunakan semprotan pelindung sebelum menggunakan alat untuk menata rambut Anda. Untuk itu Anda bisa menggunakan protectant sprays yang mengandung konduktor panas, sehingga rambut Anda terlapisi ketika Anda menggunakan alat penata rambut. Ketika Anda berenang juga harus selalu berhati-hati.
 
"Basahi rambut Anda dan kemudian lapisi dengan kondisioner sebelum Anda masuk kolam atau pantai.  Atau bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa yang dicairkan dan kemudian disemprotkan pada rambut," kata Townsend.

-Rutin memotong rambut

Jika Anda tidak terlalu suka memotong rambut dan ingin agar rambut tetap panjang, bisa memilih untuk melakukan trim pada rambut Anda. Memotong rambut itu sangat penting, sekalipun Anda hanya membersihkan bagian ujung rambut untuk meregenerasi lapisannya.
 
"Untuk itu potonglah rambut itu sekitar seperempat hingga setengah inci setiap bulan. Dengan memotongnya sekitar seperempat hingga setengah inci setiap bulan, Anda bisa meregenerasi rambut sambil tetap mempertahankan rambut panjang Anda," kata Townsend.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif