Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Haruskah Memberikan Vaksin Awal Bayi demi Mencegah Covid-19?

Rona Virus Korona tumbuh kembang bayi
Raka Lestari • 03 April 2020 06:15
Jakarta: Vaksin merupakan salah satu hal penting yang dilakukan oleh orang tua untuk menjaga kesehatan dan sistem imunitas bayi mereka. Namun di tengah covid-19 ini mungkin banyak orang tua yang merasa perlu untuk melakukan vaksin lebih awal demi mencegah infeksi covid-19. Akan tetapi, apakah hal tersebut benar-benar dibutuhkan?
 
Dilansir dari Harvard Health, melakukan imunisasi dini untuk bayi dan balita terutama bayi 6 bulan ke bawah memiliki manfaat penting. Ini membantu melindungi mereka dari infeksi seperti pneumokokus dan pertusis yang bisa mematikan, pada saat sistem kekebalan tubuh mereka sedang menurun.
 
Namun pada saat yang sama, bayi-bayi tersebut bisa sangat rentan terhadap komplikasi covid-19. Jika, perjalanan mereka ke dokter membuat mereka terpapar virus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk anak-anak yang lebih tua dari 2 tahun, menunggu waktu yang tepat mungkin bisa menjadi pilihan terbaik. Akan tetapi untuk beberapa anak dengan kondisi khusus atau mereka yang ketinggalan vaksin, maka menunggu lebih lama untuk mendapatkan vaksin mungkin bukan ide yang baik.
 
Laman resmi Harvard Health juga menyarankan cara yang terbaik adalah dengan menelpon dokter Anda terlebih dahulu. Cari tahu tindakan pencegahan apa yang mereka ambil untuk menjaga anak-anak tetap aman, dan diskusikan situasi khusus Anda.
 
Selain itu, bukan hanya menceritakan situasi kesehatan anak Anda, tetapi juga prevalensi virus di komunitas Anda dan apakah Anda telah atau mungkin telah terpapar virus tersebut. Melalui konsultasi dengan dokter, Anda dapat membuat keputusan terbaik untuk anak Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif