Alasan Anda Merasa Haus Saat Bangun Tidur

Raka Lestari 04 Desember 2018 14:57 WIB
dehidrasi
Alasan Anda Merasa Haus Saat Bangun Tidur
Kamar tidur yang terlalu hangat atau bahkan panas juga bisa menjadi penyebab mengapa Anda merasa haus ketika bangun di pagi harinya. (Foto: Maeghan Smulders/Unsplash.com)
Jakarta: Mungkin Anda pernah merasa haus sehabis bangun tidur, dan ternyata hal itu merupakan hal yang normal terjadi mengingat Anda tidak mengonsumsi apapun selama 7-8 jam pada saat tidur.

Namun bagi beberapa orang, dehidrasi yang dialami sehabis bangun tidur bisa cukup mengganggu dan tentu saja ada banyak faktor yang menjadi penyebab hal tersebut.

Dikutip dari Bustle, berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa Anda merasakan haus sehabis bangun tidur.

1. Anda berkeringat ketika tidur
Berkeringat saat tidur dapat disebabkan oleh panas yang berlebihan atau kondisi lainnya, termasuk infeksi dan jika Anda berkeringat sangat banyak di malam hari saat tertidur, Anda jauh lebih mungkin merasa dehidrasi di pagi harinya.

Berkeringat di malam hari biasanya terjadi karena adanya kondisi medis yang mendasarinya atau karena penyakit.

(Baca juga: Kenapa Dehidrasi Bisa Sebabkan Sakit Kepala?)


(Bagi beberapa orang, dehidrasi yang dialami sehabis bangun tidur bisa cukup mengganggu dan tentu saja ada banyak faktor yang menjadi penyebab hal tersebut. Foto: Kinga Cichewicz/Unsplash.com)

2. Kamar tidur Anda terlalu panas
Kamar tidur yang terlalu hangat atau bahkan panas juga bisa menjadi penyebab mengapa Anda merasa haus ketika bangun di pagi harinya.

Sains juga menunjukkan bahwa suhu yang lebih dingin di kamar tidur lebih baik untuk tidur nyenyak, dan tidur dengan pelembap udara dapat membantu mengatasi udara musim dingin yang kering.

3. Anda memiliki tingkat estrogen yang rendah
Ketika Anda sudah mulai memasuki siklus menstruasi maka tingkat estrogen Anda pun akan menurun yang menyebabkan Anda lebih mungkin mengalami dehidrasi.

Ini karena estrogen berkaitan dengan kemampuan tubuh untuk mempertahankan kelembapan, dan ketika tingkat estrogen Anda menurun baik dalam siklus menstruasi atau pada saat menopause maka akan meningkatkan risiko Anda mengalami dehidrasi.

4. Berolahraga terlalu larut malam
Melakukan olahraga dengan intensitas yang cukup intensif pada larut malam juga bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi keika bangun tidur.

Selain dapat menyebabkan dehidrasi, berolahraga terlalu malam juga dapat mengganggu jam internal Anda. Usahakan untuk berolahraga tidak terlalu larut malam dan lakukan secara konsisten.

5. Efek samping dari obat yang dikonsumsi
Menurut Dr Amy Esposito, beberapa kategori obat meningkatkan risiko dehidrasi di malam hari, termasuk antidepresan. Ditambah lagi Dr Amy Esposito juga mengatakan bahwa dekongestan sangat rentan menyebabkan mulut kering di pagi hari. 

Bicaralah dengan dokter Anda tentang apakah obat yang Anda minum dapat meningkatkan dehidrasi.



(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id