New coronavirus (covid-19) bukanlah flu biasa.(Ilustrasi/Pexels)
New coronavirus (covid-19) bukanlah flu biasa.(Ilustrasi/Pexels)

Peneliti Ungkap Lonjakan Kematian Akibat Covid-19 Dibanding Flu

Rona Virus Korona influenza virus corona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 16 Mei 2020 08:05
Jakarta: New coronavirus (covid-19) bukanlah flu biasa. Sebab, sejumlah peneliti menemukan bahwa di Amerika Serikat terdapat 20 kali lebih banyak kematian per minggu akibat covid-19 daripada flu pada minggu paling mematikan di musim influenza.
 
"Meskipun para pejabat mungkin mengatakan bahwa SARS-CoV-2 (virus yang menyebabkan covid-19) adalah flu lain, ini tidak benar," ujar para peneliti dari Harvard Medical School and Emory University, dikutip dari Live Science.
 
School of Medicine pun menulis dalam makalah mereka yakni jurnal JAMA Internal Medicine, yang diterbitkan pada Kamis, 14 Mei 2020. Sejak virus korona baru ditemukan pada awal Januari, orang-orang telah membandingkannya dengan flu, menunjukkan bahwa influenza menyebabkan puluhan ribu kematian setiap tahun di Amerika Serikat (AS) saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Memang, selama musim flu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) memperkirakan bahwa ada 62.000 kematian akibat flu di AS dari Oktober 2019 hingga April 2020.
 
Sekilas, ini mungkin tampak mirip dengan jumlah covid-19, yang pada awal Mei, telah menyebabkan sekitar 65.000 kematian di AS. Pada Kamis, 14 Mei, jumlah covid-19 kematian di AS lebih dari 82.000, menurut Universitas Johns Hopkins.
 
Tetapi, ini tidak sesuai dengan apa yang dilihat oleh penyedia layanan kesehatan di garis depan pandemi, terutama di zona panas seperti New York City. Di sana, kekurangan pasokan ventilator dan banyak rumah sakit telah melampaui batas mereka dalam menerima pasien.
 
Perbandingan ini tidak sesuai karena perkiraan CDC tentang kematian akibat flu hanya itu, perkiraan dan bukan angka mentah. CDC tidak mengetahui jumlah pasti orang yang jatuh sakit atau meninggal akibat flu setiap tahun di AS.
 
Sebaliknya, jumlah ini diperkirakan berdasarkan data yang dikumpulkan pada rawat inap flu melalui pengawasan di 13 negara. "Kematian adalah jumlah sebenarnya orang yang meninggal karena covid-19, bukan perkiraan. Dengan kata lain, membandingkan perkiraan kematian akibat flu dengan jumlah covid-19 yang mati adalah seperti membandingkan apel dengan jeruk," tutur para peneliti.
 
Berdasarkan data dari sertifikat kematian, jumlah kematian di AS yang dihitung karena flu berkisar antara 351 selama musim flu tahun 2015 hingga 2016, serta mencapai 1.626 selama musim flu tahun 2017 hingga 2018. Jumlah rata-rata kematian akibat flu selama minggu puncak kematian flu di musim-musim terakhir, dari 2013 hingga 2020, ialah 752 kematian.
 
Sebaliknya, untuk covid-19, ada 15.455 kematian dilaporkan di AS selama minggu puncak yang berakhir 21 April. Pada masa ini, merupakan masa-masa ketika korban tewas mingguan yang tertinggi selama pandemi sejauh ini.
 
Itu berarti, sekitar 10 hingga 40 kali lipat lebih tinggi daripada jumlah kematian influenza untuk minggu paling mematikan dalam tujuh musim flu terakhir. Jumlah puncak kematian covid-19 mingguan itu sekitar 20 kali lebih tinggi dari rata-rata jumlah kematian mingguan flu puncak.
 
Para penulis mencatat bahwa analisis mereka memiliki beberapa keterbatasan, termasuk bahwa jumlah kematian covid-19 mungkin kurang dihitung karena keterbatasan dengan pengujian untuk SARS-CoV-2 dan adanya hasil tes negatif palsu. Selain itu, penulis menunjukkan bahwa kematian akibat flu orang dewasa tidak perlu dilaporkan kepada otoritas kesehatan masyarakat seperti kematian covid-19 yang berpotensi menurunkan kematian akibat flu juga.
 
"Namun analisis kami menunjukkan bahwa perbandingan antara kematian SARS-CoV-2 dan kematian influenza musiman harus dibuat menggunakan perbandingan apel dengan apel, bukan perbandingan apel dengan jeruk," jelas peneliti menyimpulkannya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif