NEWSTICKER
Berikut tips perawatan alami untuk penderita Sindrom Ovarium Polikistik. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Berikut tips perawatan alami untuk penderita Sindrom Ovarium Polikistik. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tips Perawatan Alami untuk Penderita Sindrom Ovarium Polikistik

Rona Sindrom Ovarium Polikistik
Raka Lestari • 28 Februari 2020 19:11

Jakarta: Polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik merupakan suatu gangguan kesuburan yang terjadi pada wanita. Biasanya gejala PCOS ini ditandai dengan menstruasi yang berat atau tidak menstruasi sama sekali, jerawat hormonal, dan kesulitan mengelola berat badan.
 
Seperti dilansir dari Wellandgood, pilihan pengobatan untuk PCOS biasanya dengan mengonsumsi obat untuk menurunkan gula darah, pil KB, dan obat hormonal lainnya.
 
Namun Robin Berzin, MD, CEO dari Parsley Health - suatu praktik kedokteran fungsional memberikan tips untuk membantu perawatan PCOS selain menggunakan obat-obatan.

Berikut tips perawatan alami untuk penderita PCOS:

1. Menerapkan diet rendah indeks glikemik (GI)

“Saya menyarankan sebagian besar pasien saya dengan PCOS untuk mencoba diet rendah GI,” ujar Dr Berzin. Indeks glikemik adalah cara menilai makanan yang mengandung karbohidrat berdasarkan seberapa cepat dicerna dan diserap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Makanan rendah GI (seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan) dicerna secara lambat, menyebabkan sedikit lonjakan gula darah.

2. Tidak melewatkan sarapan

“Mengonsumsi sebagian besar asupan makanan harian Anda pada waktu sarapan dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar testosteron, sehingga meningkatkan ovulasi dan mengurangi beberapa gejala yang berkaitan dengan peningkatan hormon pria,” ujar Dr Berzin.

3. Mengonsumsi suplemen dengan vitamin D dan B8

Banyak wanita kekurangan vitamin D, dan pada pasien PCOS jumlah tersebut lebih tinggi. “Diperkirakan 67 hingga 85 persen wanita dengan PCOS mengalami kekurangan vitamin D,” ujar Dr Berzin.
 
Vitamin B8 yang juga disebut inositol adalah suplemen bermanfaat lainnya untuk mengobati PCOS. Inositol berperan dalam sintesis androgen dan pengambilan glukosa dalam ovarium, dan suplemen telah terbukti meningkatkan ovulasi, meningkatkan resistensi insulin, dan menurunkan androgen.

4. Mengurangi stres dengan melakukan meditasi

“Stres bisa menjadi pengganggu hormon pada semua wanita, tetapi efeknya lebih jelas pada wanita dengan PCOS,” ujar Dr Berzin. Ketika Anda stres, kelenjar adrenal Anda menghasilkan kortisol, yang meningkatkan kadar gula darah.
 
Selain itu, stres juga mengarah pada pelepasan hormon yang merangsang produksi androgen. “Dan sebanyak 25 persen pasien dengan PCOS mengalami kelebihan hormon androgen,” tambah Dr Berzin. Ia menyarankan pasien PCOS untuk melakukan meditasi dalam keseharian mereka.


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif