Dr Josh Klapow Ph.D, seorang psikolog klinis, mengatakan bahwa akupunktur dapat menjadi pengobatan tambahan untuk depresi karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan sistem saraf pusat. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Dr Josh Klapow Ph.D, seorang psikolog klinis, mengatakan bahwa akupunktur dapat menjadi pengobatan tambahan untuk depresi karena dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan sistem saraf pusat. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Manfaat Akupunktur bagi Depresi

Rona kesehatan akupunktur
Raka Lestari • 28 Januari 2020 12:08
Jakarta: Teknik pengobatan dengan menggunakan metode akupuntur telah dikenal sejak lama untuk membantu berbagai kondisi, dari migrain, infertilitas, hingga stres. Beberapa praktisi juga menyebutkan bahwa akupuntur dapat membantu gejala depresi sebagai efek dari stres itu sendiri.
 
Akupuntur dilakukan dengan menargetkan titik-titik tekanan pada tubuh. “Ada banyak titik akupuntur di seluruh tubuh pada garis meridian yang memiliki kegunaan dan efek yang berbeda,” ujar ahli akupunktur berlisensi Joel Granik. "Titik-titik tersebut membantu menyeimbangkan aliran energi tubuh."
 
Ada bukti yang dapat mendukung hal tersebut, yang dikenal dengan aliran energi yang mungkin dapat menstimulasi sistem saraf yang bisa menghasilkan efek menenangkan. Beberapa dokter percaya bahwa titik-titik tekanan akupunktur dapat merangsang sistem pereda nyeri tubuh, membantu Anda merasa lebih baik selama perawatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Granik mengatakan titik yang dikenal sebagai Stomach 26 atau Zusanli itulah yang dapat membantu menghasilkan efek menenangkan tersebut. "Letaknya sekitar tiga sampai empat inci di bawah lutut dan setengah inci ke luar tulang kering Anda," katanya. Titik yang disebut Heart Seven atau Spirit Gate, di bagian luar pergelangan tangan dimaksudkan untuk membantu meredakan amarah.
 
Dr Josh Klapow Ph.D, seorang psikolog klinis, mengatakan bahwa akupunktur dapat menjadi pengobatan tambahan untuk depresi karena dapat mengurangi ketegangan otot, menenangkan sistem saraf pusat, dan meningkatkan suasana hati Anda. Ini juga merupakan cara terbaik untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri.
 
Namun Dr Klapow menambahkan bahwa akupunktur bukan pengobatan utama yang efektif untuk depresi. Perawatan primer adalah perawatan yang harus menjadi prioritas karena memang sudah teruji dapat membantu meringankan gejala dan menyembuhkan kondisi. 
 
Latihan akupunktur mungkin tidak mengobati depresi itu sendiri, tetapi mungkin membantu jika Anda mendapati diri Anda lebih tenang dan lebih bahagia setelah sesi akupuntur.
 
Jika Anda ingin menggunakan akupunktur untuk membantu gejala kesehatan mental Anda, para ahli menyarankan agar disertai dengan perawatan utama juga. 
 
Akupunktur dapat membantu Anda menghilangkan stres, merasa lebih fokus, dan mendorong Anda untuk berhenti merenung. Semua efek itu secara tidak langsung dapat membantu dengan gejala depresi dan disertai dengan terapi perilaku kognitif.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif